Close
Close

Hungan: Ruas Jalan Namrole - Leksula Rusak Tanggung Jawab Provinsi

Namrole, Orasirakyat.com
Ruas jalan provinsi di Kabupaten Buru Selatan (Bursel) yang menjadi tanggung jawab pemerintah provinsi Maluku mengalami kerusakan akibat termakan usia maupun karena faktor alam.


Kerusakan ruas jalan yang menghubungkan Kecamatan Namrole dan Leksula maupun yang berada di dalam kota Namrole sesungguhnya bukan tanggung jawab pemerintah Kabupaten Bursel.


Demikian hal ini disampaikan Plt. Kadis Pekerjaan Umum (PU) kabupaten Bursel, Jefri Hungan kepada awak media, Rabu (3/7/2024).


"Jadi status jalan itu merupakan status jalan provinsi yang sekarang lagi ditangani oleh balai jalan nasional yang panjangnya sekitar 37 Kilometer lebih antara Namrinat sampe di Liang," ucap Hungan.


Ia menyebut, jalan yang memiliki titik nol di pertigaan samping kantor PU Bursel ini memang mengalami kerusakan dan banyak berlubang.


Bahkan, hungan tak memungkiri akibat kerusakan itu sangat rentang terjadinya kecelakaan lalulintas di sepanjang jalan tersebut apalagi di musim hujan seperti saat ini. Atas kondisi itu, pihaknya selalu intens membangun koordinasi dengan pemprov Maluku guna memperbaiki ruas jalan tersebut.


"Kalau koordinasi kita selalu koordinasi dan buktinya ada pekerjaan yang sekarang lagi di intervensi oleh pemerintah provinsi dan kalau soal kerusakan kita akan selalu koordinasi terus dengan pihak provinsi bagaimana caranya supaya mungkin bisa di perbaiki," ungkapnya.


Ia berharap, masyarakat Bursel yang melihat kerusakan jalan itu bisa berpikir cerdas dan tidaknya berprasangka buruk kepada pemerintah atau dinas PU, sebab jalan tersebut menjadi tanggung jawab penuh pemerintah provinsi.


"Sebenarnya sederhana saja, kalau jalan provinsi berarti bukan menjadi tanggung jawab kabupaten dan mudah-mudahan masyarakat bisa memahami itu karena ruas jalan provinsi ya kewenangannya pemerintah provinsi dan kalau ruas jalan kabupaten kewenangan kabupaten," terangnya.


Hungan mengaku, untuk semua ruas jalan provinsi yang ada di kabupaten Bursel terus dikoordinasikan pihaknya dengan pemprov Maluku yang mempunyai kewenangan atas jalan tersebut dan respon yang diterima dari Pemprov Maluku sangat baik.


"Responnya baliknya positif, mudah-mudahan dalam jangka waktu dekat pemerintah provinsi akan memperhatikan kerusakan jalan itu," tandasnya.


Sekedar diketahui, ruas jalan provinsi yang menghubungkan Kecamatan Namrole dan kecamatan Leksula sementara dikerjakan oleh dua perusahan. Pekerjaan ini dimulai dari desa Namrinat, Kecamatan Namrole sampai desa Liang Kecamatan Leksula dengan panjang sekitar 37 Kilometer lebih.


Selanjutnya ruas jalan provinsi dari desa Namrinat ke titik nol yang berada di pertigaan Kantor Dinas PU Bursel belum dikerjakan dan kini mengalami kerusakan akibat faktor alam (hujan) maupun akibat aktifitas kendaraan yang memuat material ke lokasi pekerjaan ruas jalan provinsi di desa Namrinat hingga desa Liang.

Ruas jalan Provinsi yang pernah diperbaiki Dinas PU saat Lukman Solissa menjadi Kadis

Lubang-lubang di ruas jalan provinsi itu sebenarnya pernah dibenahi oleh dinas PU disaat Lukman Solissa menjadi Kadis. Saat itu, Solissa pernah memerintahkan anak buahnya untuk melakukan penempelan menggunakan alat seadanya karena anggarannya tidak ada pemerintah Kabupaten Bursel. Namun sayangnya, jalan itu kini mengalami kerusakan lagi. (AL)

Baca Juga : Demi Kenyamanan Warga, Dinas PUPR Bursel Tambal Jalan Provinsi Dengan Sirtu

Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Orasi Rakyat News
Orasi Rakyat News