Close
Close

KPU Rakor Finalisasi DTC DPRD Kabupaten Buru

Namlea, Orasirakyat.com - KPU Kabupaten Buru menggelar Rapat Koordinasi Finalisasi Bacaleg DPRD Kabupaten Buru dalam surat suara pada pemilu 2024 yang berlangsung di Namlea, Kamis sore (1/11/2023). 


Rakor Finalisasi Bacaleg DPRD Kabupaten Buru dalam surat suara pada Pemilu tahun 2024 dibuka oleh Ketua KPU, Munir Soamole dan dihadiri para komisioner dan sekertaris KPU. 


Dari 16 partai politik (Parpol) yang berpartisipasi dalam Pilegis DPRD Kabupaten Buru, tercatat ada dua parpol yang tidak hadir yaitu Partai Gerindra dan PBB. 


Rakor juga turut dihadiri Kepala Kesbanglinmas, Abdul Basir Toisuta, Komisioner Bawaslu Buru, serta perwakilan TNI/Polri dan kejaksaan. 


Munir Soamole dalam arahannya dalam menjelaskan, kalau rakor ini adalah pra penetapan Daftar Calon Tetap (DCT), maka sesuai ketentuan rakor ini harus dihadiri ketua dan bila berhalangan dihadiri oleh sekertaris. 


"Rakor ini sebagai pra kondisi sebelum menetapkan DTC. Dalam KPU Nomor 3 tahun 2022 diamanatkan kalau DTC ditetapkan tanggal 3 Nopember 2023.Kemudian akan diumumkan tanggal 4 Nopember tahun 2023," jelas Munir.


Dijelaskan lebih lanjut, sesuai ketentuan undang-undang dan juga PKPU, KPU Kabupaten Buru telah mengikuti rapat koordinasi secara berjenjang dan mereka baru saja kembali tadi pagi di Namlea. 


"Nanti secara konkrit akan dijelaskan oleh ketua Divisi Teknis KPU Kabupaten Buru, " ujar Munir. 


Sebagai gambaran umum, Munir memaparkan, ada master DTC yang akan ditandatangani oleh lima komisioner KPU Kabupaten Buru dan dipakai oleh pimpinan partai politik. 


Sebelum itu, KPU Kabupaten Buru bersama parpol peserta akan kros cek nama-nama ,  nomor urut daftar calon, sehingga akan ada finalisasi sebelum surat suara dicetak oleh KPU RI. 


"Jadi kita akan cermati ulang terhadap seluruh dokumen calon yang telah dimasukan parpol. 


Untuk itu kita pastikan hari ini baik nama, nomor urut maupun gelar calon tersebut, " arahan Munir. 


Sebelum mengakhiri sambutannya,Munir menginformasikan juga kalau sebagian logistik pemilu yaitu kotak suara telah tiba di Namlea dan mendapat pengawalan dan pengamanan dari Polres Pulau Buru. 


Sementara itu, Ketua Divisi Teknis, Faisal Amin Mamulaty terlebih dahulu mencek ulang kehadiran parpol dalam rapat tersebut. Dan sampai rapat selesai, hanya Gerindra dan PPP yang tidak hadir. 


Merefresh kembali proses pengajuan bakal calon anggota DPRD Kabupaten Buru periode 2024-2029, Faisal menyebut dari awal berproses ada sebanyak 378 bacaleg tersebar di 16 parpol. 


Kemudian hasil akhir yang akan masuk dalam DCT sebanyak 326 bacaleg. 


Dalam rapat finalisasi DTC ini, dari PKN menyampaikan keberatan karena 4 bacaleg nya tidak dicantumkan gelar sarjana. 


Namun setelah diskors cek ulang administrasi, empat caleg tersebut dari PKN tidak memasukan ijazah terakhir mereka. 

Sedangkan Perindo meminta diperbaiki nama salah satu caleg mereka yang tidak sesuai dengan KTP. 


Rakor finalisasi bacaleg diakhiri dengan penanda tanganan dari parpol di daftar DCT dan Daftar surat suara yang akan dicetak oleh KPU RI. (LTO)

Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Orasi Rakyat News
Orasi Rakyat News