Close
Close

Safitri Lantik 45 Penjabat Kepala Desa

Namrole, Orasirakyat.com
Bupati Buru Selatan (Bursel), Safitri Malik Soulisa melantik 45 penjabat kepala desa di empat kecamatan yang ada di kabupaten setempat. 45 penjabat ini berasal dari 4 kecamatan yakni kecamatan Namrole, Kecamatan Waesama, Kecamatan Leksula dan Kecamatan Fena Fafan.


Para penjabat kepala desa ini di lantik sesuai surat Keputusan Bupati Bursel Nomor 130/40 Tahun 2023 yang dikeluarkan pada tanggal 31 Januari 2023 tetang Pengesahan Pemberhentian Kepala Desa Periode 2017-2022 dan Pengangkatan Pejabat Kepala Desa Dalam Wilayah Kabupaten Bursel.


Pelantikan tersebut berlangsung di gedung serba guna Pemda Bursel, Rabu (24/5/2023).


Bupati Bursel, Safitri Malik Soulisa dalam sambutannya mengatakan berdasarkan amanat Undang-undang Nomor 6 tahun 2014 Tentang Desa, pada Pasal 72 Ayat 4 menyebutkan, Alokasi Dana Desa (ADD) paling sedikit 10% dari dana perimbangan yang diterima Kabupaten / Kota dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah setelah di kurangi Dana Alokasi Khusus (DAK), dimana jumlah nominal yang diberikan berdasarkan data geografis desa, jumlah penduduk dan angka kematian. 


"Undang-undang tersebut merupakan salah satu komitmen besar untuk mendorong perluasan kesejahteraaa.n bagi seluruh lapisan masyarakat. Untuk mensejahterakan masyarakat diperlukan pembangunan sampai ke desa-desa, sehingga tidak ada lagi istilah desa tertinggal," ucap Bupati.


Harapan lain yang dapat menjadi salah satu lompatan sejarah sebagai proses pembangunan yang sedang berlangsung yaitu Undang-undang tentang desa yang dapat menjadi salah satu komitmen yang berpihak pada rakyat dengan berlandaskan kepada aturan yang berlaku. 


"Hal ini menjelaskan bahwa setiap tahun desa akan menerima dana miliyaran rupiah untuk memajukan desa," ungkapnya.

Lanjut Safitri, seorang Kepala Desa mempunyai tugas yang begitu besar bukan hanya terfokus saja pada program yang ditawarkan serta nominal anggaran yang di usulkan ke pemerintah daerah, tetapi idealnya seorang kepala desa mampu membawa masyarakatnya hidup secara layak dan menggiatkan kembali budaya gotong royong yang hampir punah.


"Jadilah seorang kepala desa yang senantiasa mampu memegang teguh amanah dan senantiasa berkomitmen atas sumpah dan janji dengan mendukung program pemerintah dan pemerintah daerah dalam mewujudkan kebijakan pembangunan di masing-masing desa," tegasnya.


Safitri juga berpesan kepada seluruh penjabat kepala desa yang baru dilantik untuk senang tiasa mejadi pemimpin yang selalu ada dimana-mana, tanpa membedakan Agama, Ras, Suku, tempat dan waktu. 


Dia juga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk menjaga ketertiban dan keamanan menyongsong Pemilu tahun 2024.


"Kepada seluruh masyarakat terutama pemangku-pemangku kepentingan di daerah ini untuk kita sama-sama menjaga kedamaian di daerah dalam menyongsong agenda - agenda pemerintah yakni penyelenggaraan pemilihan di tahun 2024 agar semua yang kita harapkan bersama bisa berjalan dengan baik," tandasnya.


Hadir dalam acara pelantikan itu, Kapolres Bursel, AKBP Agung Gumilar, Wakil Bupati Bursel, Gerson E Selsily, Sekda Bursel, Umar Mahulette, Para Asisten Bupati, Danki 731 Kabaresi Namrole, pimpinan dan anggota DPRD Bursel, Tokoh Adat, Tokoh Agama, dan masyarakat dari 45 desa. (AL)

Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Orasi Rakyat News
Orasi Rakyat News