Close
Close

Prakiraan Cuaca, dan Tinggi Gelombang di Perairan di Maluku


Ambon, Orasirakyat.com
- Update prakiraan cuaca yang diluncurkan  Badan  Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika, Stasiun Meteorologi Maritim Ambon  yang diterima media ini dengan jelas menguraikan tentang  kondisi cuaca dan tinggi gelombang di wilayah Perairan Maluku, untuk tanggal 31 Mei,dan 01 Juni 2023.


Data prakiraan yang diterima menjelaskan,  umumnya curah hujan dengan intesitas ringan di akhir Mei 2023, masih mendominasi, dan  kecepatan angin berada pada angka 15-25 knot. Sehingga kondisi perairan di Maluku, rata rata berada pada posisi sedang dengan kriteria tinggi gelombangdinatara 1,25 – 2,5 meter.  Sedangkan untuk perairan Laut Banda, Aru dan Arafura tergambar jelas masih tinggi gelombang dengan ukuran 2,5 – 4 meter.


Perairan yang masuk dalam ketegori mengalami gelombang tinggi adalah Perairan Buru, dengan curah hujan ringan, dilanda tiupan angin dari arah Timur  ke  Tenggara dengan kecepatan, 10 - 25 knot. Tinggi gelombang juga terjadi di Laut Banda Utara. Pada kawasan ini dihujani Hujan Ringan dan kecepatan angin 15 – 20 knot bergerak dari arah tenggara ke Selatan. Demikian juga gelombang tinggi terjadi perairan Banda Utara Bagian Barat masih dihiasi Hujan Ringan, dipengaruhi oleh tiupan angin dengan kecepatan 15-20 knot.


Masih dengan kawasan  Laut Banda Selatan Bagian Barat, dihiasi huja ringan, dan tiupan angin bergerak dari arah Timur - Tenggara berkecepatan 15-25 knot dan tercipta gelombang tinggi. Sama hal untuk perairan Arafuru Bagian Barat terjadi Hujan Ringan dengan arah tiupan angin dari arah Timur - Tenggara dan memiliki kecepatan 15 – 25. Berdampak pada gelombang tinggi terjadi di Perairan Aru, kendati curah hujan masaih cukup ringan. Arah angin dan kecepatan dari Timur ke Tenggara melesat pada angka 15 – 20.


Selanjutnya perairan Arafura Bagian Tengah masih terjadi gelombang tinggi, dipengaruhi oleh kecepatan angin 15-25 knot, serta hujan ringan.


Sementara update prakiraan cuaca yang terjadi besok hari,01 Juni 2023, umumnya tinggi gelombang terbilang berada pada angka sedang, kecuali untuk kawasan  Laut Arafuru, Perairan Kai, Perairan Aru , Laut Arafuru bagian tengah  yang masih menampakan gelombang tinggi. (EDW)

Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Orasi Rakyat News
Orasi Rakyat News