Close
Close

Lewerissa : Komisi II DPRD Provinsi Maluku Akan Tetapkan Anggaran Terkait Pengembangan Sukun Di Maluku

Malteng, Orasirakyat.com - Setelah dilakukan Pencanangan Tanam Sukun secara serempak di 11 kabupaten kota di Provinsi Maluku, yang di canangkan oleh Gubernur Maluku Irjen Pol (Purn) Murad Ismail yang berlokasi di negeri tengah tengah kecamatan salahutu kabupaten Maluku tengah, Selasa (14/2/23) kemarin mendapat respon baik dari Legislatif.


"Pencanangan tanam Sukun ini merupakan program yang terbilang luar biasa yang dilakukan oleh Dinas Pertanian Provinsi Maluku dengan melibatkan seluruh stakeholder yang ada. Tentu kita tau bahwa Sukun merupakan makan pangan lokal yang sangat di gemari, sehingga dengan dilakukanya pencanangan sukun ini, dapat membantu mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat," ucap Ketua Komisi II DPRD Provinsi Maluku, Jhon Lewerissa kepada media Orasirakyat.com di Negeri Tengah Tengah, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Selasa (14/2/23)


Sebagaimana di ketahui bahwa Sukun di Maluku merupakan sukun terbaik yang pernah ada di Indonesia, sehingga Kementerian Pertanian telah mengeluarkan surat keputusan Menteri Pertanian tentang pemberian tanda daftar tanaman sukun Farietas yang berada pada Negeri Tengah Tengah.


"Sebagai Anggota DPRD Provinsi Maluku kami memberikan apresiasi kepada Dinas Pertanian Provinsi Maluku yang telah memprogramkan penanaman Sukun Farietas di wilayah Maluku," ucapnya.


Jhon mengatakan bahwa, dengan dilakukannya program ini, pihaknya selaku Anggota DPRD akan membantu dalam menetapkan anggaran terhadap pengembangan dan pembudidayaan Sukun dimaksud.


"Selaku Ketua Komisi II DPRD Maluku, saya melihat bahwa ini merupakan salah satu langkah kerja yang baik untuk dapat membantu masyarakat dalam meningkatkan pendapatan ekonomi di masa krisis pangan global," tuturnya.


Ia juga berharap kepada Dinas Pertanian untuk segera dapat melakukan pembibitan yang sebesar - besarnya untuk dibagikan di seluruh kabupaten kota di Maluku.


"Supaya kedepannya di setiap wilayah tinggal masyarakat terdapat sukun kapas Farietas terbaik bertumbuh di setiap lahan tempat kita berada," tutup Jhon. (Erol)

Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Orasi Rakyat News
Orasi Rakyat News