Close
Close

Dinas Pertanian Bursel Beri Vaksin Bagi Hewan Ternak Warga

Namrole, Orasirakyat.com
Dinas Pertanian Kabupaten Buru Selatan (Bursel) melalui Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan merealisasikan program vaksinasi bagi hewan ternak.


Vaksinasi bagi hewan ternak milik warga ini berpusat di desa Labuang dan digelar selama dua hari dari tanggal 10 hingga 11 November 2022.


Kadis Pertanian, Idris Loilatu melalui Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Bursel, Victor S Wattimena mengatakan bahwa program ini merupakan agenda setiap tahun milik dinas.


"Dinas Pertanian Bursel melalui Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan telah melakukan vaksinasi dan pengobatan kepada ternak warga di desa Labuang selama dua hari. Ini merupakan program setiap tahun milik dinas," ucap Wattimena kepada wartawan di Namrole, Sabtu (12/11/2022).


Wattimena mejelaskan bahwa pelayanan vaksinasi adalah tindakan melakukan pencegahan terhadap ternak/ hewan dari suatu penyakit oleh virus tertentu.

"Kita membantu masyarakat agar hewan ternak mereka tetap sehat dan terhindar dari penyakit akibat terserang virus," terangnya.


"Selain vaksin, kami juga memberikan obat berupa vitamin yang dikhususkan untuk menjaga ketahanan tubuh hewan," sambungnya.


Untuk tenaga Vaksin, Watimena mengungkapkan bahwa Dinas Pertanian tidak melibatkan Dinas teknis lain karena dinas Pertanian sendiri sudah memiliki Sarjana Peternakan dan ada beberapa pegawai yang sudah mengikuti berbagai pelatihan terkait vaksinasi hewan.


"Hanya dinas sendiri dan tidak melibatkan dinas lain sebab kami sudah memiliki tenaga pada Bidang Peternakan. Di samping itu ada pegawai kami juga telah beberapa kali mengikuti sejumlah pelatihan soal vaksinasi hewan," ujarnya.


Dikesempatan itu, Wattimena menghimbau kepada masyarakat Bursel yang memiliki masalah dengan hewan ternak dapat menghubungi Dinas Pertanian supaya bisa segera di atasi.


"Saat vaksin respon masyarakat sangat baik, untuk itu kami mengajak masyarakat yang memiliki masalah dengan hewan ternak dapat berkoordinasi dengan kami Dinas Pertanian," tandasnya.

Sementara Melki Sambur, salah satu warga desa Labuang yang hewannya di berikan vaksin sangat berterima kasih kepada Dinas Pertanian.


Ucapan terima kasih ini disampaikan Sambur sebab menurutnya, dengan adanya vaksin dan pemberian vitamin bagi hewan ternaknya, telah memberikan rasa aman dan menunjukkan kepedulian pemerintah bagi warga melalui Dinas Pertanian.


"Saya menyampaikan terima kasih kepada Dinas Pertanian yang sudah membantu kami semoga vaksin ini bisa berlanjut di tahun - tahun selanjutnya," tandas Sambur. (OR/01)

Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Orasi Rakyat News
Orasi Rakyat News