Close
Close

Latuconsina Pimpin Pengibaran Merah Putih Bawah Laut Di Saparua

Ambon, Orasirakyat.com 
Pulau Saparua yang merupakan tanah kelahiran dari Thomas Matulessy atau yang dikenal sebagai Kapitan Pattimura, pahlawan nasional Indonesia dan mempunyai destinasi wisata Benteng Duurstede yang dibangun pertama kali oleh Portugis pada tahun 1676, terpilih menjadi tempat pelaksanaan upacara pengibaran Bendera Merah Putih di dasar laut oleh Lantamal IX Ambon.


Pengibaran Bendera merah putih ini bertempat di Pantai Putih Lessi Kulur, Saparua, Maluku Tengah, Rabu (17/08/2022). 


Kasal Laksamana TNI Yudo Margono memerintahkan kepada seluruh jajarannya agar memeriahkan HUT ke-77 RI dan menguatkan semangat nasionalisme, secara serentak dengan menggelar upacara dan mengibarkan bendera Merah Putih di bawah laut.


Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) dalam pelaksanaan upacara di Pulau Saparua, Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) IX Ambon Brigadir Jenderal TNI (Mar) Said Latuconsina, dan sebagai Komandan Upacara (Danup) Komandan Yonmarhanlan IX Ambon Mayor Marinir Rowin Zummy Simarmata, M. Tr. Opsla.


Kepada awak media Danlantamal IX menyampaikan kegiatan ini untuk membangkitkan kembali semangat Maritim Indonesia. 


"Kegiatan ini sebagai wujud cinta tanah air sebagai upaya mengangkat kembali kejayaan Maritim Indonesia," tutur Danlantamal IX. 


Kegiatan pengibaran bendera Merah Putih bawah laut di 77 lokasi Nusantara dilaksanakan secara bersama pada 17 Agustus 2022.


Sedangkan untuk Lantamal IX Ambon sendiri mengibarkan di Pantai Putih Lessi Kulur Saparua dan pantai Batu Kuda Tulehu Maluku Tengah Pulau Ambon.


Setelah pengibaran bendera Merah Putih juga dilanjutkan dengan transplantasi terumbu karang.

Kegiatan di Saparua melibatkan 30 penyelam baik dari Lantamal IX, Ketua Korcab IX DJA III Ny Said Latuconsina bersama ibu-ibu Jalasenastri, Bakamla, Polairud, rekan jurnalistik, dan kelompok selam yang ada di Maluku. Yang bertindak selaku pengibar bendera dari Srikandi Lantamal IX dan jurnalis Maluku. 


Selain objek Wisata Benteng Duurstede, Saparua juga memiliki potensi wisata yang luar biasa lainnya seperti Taman Wisata Pantai Batu Pintu terletak di Desa Haria, Objek wisata Goa Tujuh Putri, dan Pantai Putih Lessi Kulur Saparua. (ZS)

Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Orasi Rakyat News
Orasi Rakyat News