Close
Close
close
Orasi Rakyat
Orasi Rakyat

Kapolda Maluku Tanam Pohon Pala dan Pindahkan Pataka Ke Kantor Baru

Ambon, Orasirakyat.com 
Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Irjen Pol Drs. Lotharia Latif resmi memasuki kantor baru Mapolda Maluku di jalan Sultan Hasanuddin, Tantui, Kota Ambon, Rabu (17/8/2022).


Sebelum memasuki Markas Komando Polda Maluku tersebut tepat di hari Kemerdekaan Republik Indonesia ini, Kapolda terlebih dahulu melakukan penanaman anakan pohon pala.


Anakan pohon pala yang merupakan tanaman endemik Maluku ini ditanam di taman yang berada tepat di depan Mapolda Maluku. 


Tanaman serupa juga ditanam Wakapolda Maluku Brigjen Pol Drs. Jan de Fretes.


Penanaman anakan pohon pala ini dirangkai dengan proses pemindahan Pataka Salawaku Emarina, lambang Polda Maluku.


Kapolda mengungkapkan, penanaman anakan pohon pala selain sebagai bentuk penghijauan, juga merupakan wujud dari kepedulian Polda Maluku terhadap salah satu tanaman unggulan di daerah para Raja-raja ini.


"Pohon Pala merupakan buah asli Maluku yang memilik banyak manfaat dan keunggulan. Kita selain untuk penghijauan, juga ingin melestarikan tanaman berkhasiat ini," katanya. 


Sehubungan dengan perpindahannya ke kantor baru, Pataka Salawaku Emarina, lambang Kepolisian Daerah Maluku juga resmi dipindahkan dari gedung lama Markas Komando Polda (Mapolda) Maluku di Jalan Rijali Nomor 01, ke gedung baru yang berada di jalan Sultan Hassanudin, Nomor 18, Tantui, Kota Ambon, Rabu (17/8/2022).

Pemindahan Pataka Salawaku Emarina dilakukan melalui upacara yang dipimpin langsung oleh Kapolda Maluku Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, dari gedung lama dan dilanjutkan di gedung baru Mapolda Maluku. 


Wakapolda Maluku, Brigjen Pol Drs. Jan Leonard de Fretes, bersama seluruh pejabat utama Polda Maluku dan Kapolresta Ambon, hadir dalam upacara pemindahan Pataka Salawaku Emarina dan Kantor baru Polda Maluku tersebut.


Dalam pernyataan resmi pemindahan Pataka Salawaku Emarina di Kantor Polda Maluku, pihaknya mengaku, gedung lama Polda Maluku diresmikan dengan nama Makoda Maluku XX oleh Kadapol Maluku Brigadir Jenderal Polisi Drs. R. Istamba pada 20 Maret 1979.


"Sudah 43 tahun 5 bulan kita bersama berada di tempat ini, di bangunan yang bersejarah ini, yang telah memberikan pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat Maluku, yang ditorehkan dengan suka duka, prestasi dan air mata," ungkap Latif.


Di bangunan tersebut, lanjut Latif, semua personil Polri telah menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai insan Tribrata dan catur Prasetya di bumi raja-raja, Provinsi Maluku.


"Pada hari ini Rabu, 17 Agustus 2022 pada pukul 07.50 WIT, saya Inspektur Jenderal Polisi Drs lotharia Latif selaku Kepala Kepolisian Daerah Maluku menyatakan bahwa Pataka Polda Maluku Salawaku Emarina dan markas Kepolisian Daerah Maluku secara resmi dipindahkan dari gedung lama di Jalan Rijali Nomor 01 ke gedung baru Jalan Sultan Hasanuddin, Tantui, Nomor 18," ujarnya.


"Semoga Allah Subhanahu Wa Ta'ala Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan perlindungan, keselamatan bagi kita semua dalam memberikan pelayanan dan perlindungan terbaik kepada masyarakat bangsa dan negara," tandas Kapolda. (MS)

Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Post a Comment

Previous Post Next Post