Close
Close

Jokowi Diminta Pecat Sofyan Djalil


Jakarta, Orasirakyat.com
DIREKTUR Rumah Politik Indonesia, Fernando Emas, menilai, Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil belum menjalankan program pemerintahan Jokowi dengan baik untuk melakukan reformasi agraria. 


"Saya menganggap Sofyan Djalil gagal memimpin Kementerian ATR/BPN. Banyak persoalan - persoalan tanah dan mafia tanah yang terjadi pada saat ia memimpin Kementerian. Padahal ia diberi kewenangan untuk menyelesaikan persoalan itu," ujar Fernando, Selasa 14 Desember 2021.


Menurutnya, jangan sampai karena dianggap orangnya Jusuf Kalla, lalu ia dibiarkan saja. Padahal, kinerjanya sebagi pembantu presiden Jokowi dalam menuntaskan persoalan di ATR/BPN sangat lamban. Sofyan Djalil tidak menguasai lapangan. 


"Presiden Jokowi sebaiknya menunjuk Menteri yang betul-betul menguasai persoalan lapangan. Sehingga dengan cepat dan tanggap, bisa menterjemahkan keinginan presiden. Dengan demikian, beban presiden Jokowi akan jauh berkurang. Apalagi ini mau pemilu. Para Menteri sudah mulai kasak kusuk dan tidak fokus lagi bekerja," kata Fernando.


Oleh sebab itu, menurut Fernando, presiden Jokowi harus memastikan bahwa pembantunya ini harus dipilih yang betul-betul bisa fokus dan secara totalitas bisa bekerja penuh sampai akhir masa jabatan di 2024 mendatang.


"Pada akhir masa pemerintahannya, Jokowi harus membuat legacy yang berpihak pada masyarakat terutama yang mampu menuntaskan mafia tanah. Karena selama ini mafia tanah sangat merugikan masyarakat," ungkap dia.


Pada beberapa kali isu reshuffle, HM Darmizal MS adalah salah satu nama yang disebut sangat berpotensi menggantikan Sofyan Djalil sebagai Menteri ATR/BPN. 


Menurut Fernando, presiden Jokowi dapat mempertimbangkan Darmizal MS yang merupakan teman satu almamater Jokowi di UGM. 


"Darmizal adalah sosok berpengalaman dan mumpuni pada sektor pertanahan,  jebolan UGM dan juga loyalis Jokowi. Ia juga Ketua umum Relawan Jokowi (ReJO) yang tentunya sangat mengerti dan memahami visi misi presiden Jokowi," pungkas Fernando. (Wit)

Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Orasi Rakyat News
Orasi Rakyat News