Close
Close

Syafruddin Sebut Penyebab Utama Terjadinya Climate Change Karena Perbuatan Tangan Manusia


Kairo, Orasirakyat.com
Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI), H. Syafruddin Kambo menegaskan, peyebab utama terjadinya climate change di bumi ini karena faktor perbuatan tangan manusia. 


Hal tersebut ditegaskan dalam pertemuan dan makan malam bersama 50 mahasiswa dari pengurus organisasi pelajar dari berbagai negara di Universitas Al-Azhar di atas Sungai Nil, Sabtu, (27/11/2021), malam, waktu setempat.


Syafruddin, yang pernah mengikuti konferensi internasional perubahan iklim di Swedia tahun 2007 silam tersebut menyebutkan, tiga faktor penyebab terjadinya climate change di muka bumi. Yakni, perubahan struktur bumi, kedua perubahan interaksi pergeseran galaxy di tata surya.


“Dan yang ketiga karena perbuatan tangan manusia,” tegas mantan MenPAN RB tersebut.


Syafruddin menambahkan, terjadinya perubahan iklim tidak hanya terjadi di Mesir ataupun negara tertentu. Perubahan iklim juga itu berdampak pada seluruh kehidupan manusia. 


Olehnya itu, lanjut Syafruddin, perubahan iklim hanya bisa dilawan oleh umat manusia itu sendiri. Yang berilmu atau yang sedang menekuni ilmu agama maupun yang tidak. “Semua ummat manusia bisa melakukan itu, yakni tidak melakukan kerusakan atau sentuhan tangan yang bisa merusak kelangsungan bumi,” tegas mantan Wakapolri tersebut.


“Sekali lagi hanya kita yang bisa melawan terjadinya perubahan iklim di muka bumi ini,” tutup Syafruddin. (*)

Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Orasi Rakyat News
Orasi Rakyat News