Close
Close

BAZNAS & Bulan Sabit Merah Mesir Jalin Kerja Sama untuk Palestina

Internasional, Orasirakyat.com
BADAN Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI melakukan kerja sama dengan Egyptian Red Crescent Society (ERCS) atau Bulan Sabit Merah Mesir dalam upaya mempermudah penyaluran bantuan untuk masyarakat Palestina.


Egyptian Red Crescent Society (ERCS) (Arab:  الهلال الاحمر المصرى) yang didirikan pada tahun 1911 merupakan badan resmi utama yang memiliki tanggung jawab membantu otoritas publik dalam layanan medis darurat, bantuan kemanusiaan dan nilai-nilai kemanusiaan internasional di Mesir.


Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Ketua BAZNAS RI Prof. Dr. KH. Noor Achmad MA., dengan Direktur Eksekutif ERCS Dr. Ramy El-Nazer, di Mesir baru-baru ini.


"Alhamdulillah ini merupakan salah satu langkah signifikan yang dilakukan BAZNAS dalam melakukan kolaborasi dengan salah satu lembaga kemanusiaan besar di Mesir, sebagai upaya untuk mempermudah penyaluran bantuan kepada masyarakat Palestina," ujar Ketua BAZNAS RI Prof. Dr. KH. Noor Achmad MA, dalam keterangan tertulis, Selasa (28/11/2023).


Kiai Noor menyebutkan, program Membasuh Luka Palestina  bertujuan untuk memberikan kebutuhan mendesak masyarakat Palestina, dengan menekankan bantuan medis dan dukungan penghidupan terutama bagi warga Gaza. 


"BAZNAS bangga menjadi mitra ERCS dalam program Membasuh Luka Palestina. Kolaborasi ini mencerminkan pentingnya kerja sama internasional dalam mengatasi krisis kemanusiaan, khususnya saat ini yang terjadi di Palestina," ucapnya. 


Kiai Noor mengatakan, ERCS dengan keahliannya dalam layanan medis darurat, akan bekerja sama dengan BAZNAS untuk memastikan bantuan senilai 330.000 Dolar AS (sekitar Rp5 miliar) tersebut sampai kepada masyarakat Palestina.


"Melalui program Membasuh Luka Palestina, kami berharap mampu memberikan bantuan yang signifikan dan membantu memulihkan kehidupan masyarakat Palestina yang terdampak," tambahnya. 


Kiai Noor juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh donatur, dari mulai BAZNAS Daerah, Lembaga Amil Zakat (LAZ), perusahaan, lembaga, dan seluruh elemen masyarakat Indonesia yang telah mempercayakan infak kemanusiaan Palestina melalui BAZNAS. 


"Insya Allah seluruh infak yang terkumpul dan dititipkan melalui BAZNAS akan disalurkan seluruhnya bagi masyarakat Palestina. BAZNAS juga memastikan penyaluran bantuan ini secara transparan dan akuntabel," tegasnya. 


Dalam kesempatan tersebut, Direktur Eksekutif ERCS Dr. Ramy El-Nazer mengucapkan terima kasih kepada BAZNAS atas kerja sama yang dilakukan dalam upaya meringankan beban masyarakat Palestina. 


Melalui MoU tersebut, BAZNAS dan ERCS sepakat untuk menjunjung standar tertinggi dalam penyaluran bantuan kemanusiaan, serta berkomitmen untuk mengikuti prinsip-prinsip kemanusiaan internasional. (Wit)

Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Orasi Rakyat News
Orasi Rakyat News