Close
Close

Tenggelam, Awak Kapal KM Rizky Mulia Berhasil Diselamatkan Tim SAR

Maluku, Orasirakyat.com
Awak kapal KM Rizky Mulia dan korban yang tenggelam beberapa waktu lalu di perairan Pulau Mai, Maluku Tengah sudah ditemukan dan diselamatkan.


Personel KN SAR Abimanyu yang beroperasi dalam pencarian berhasil penyelamatan awak kapal KM Rizky Mulia yang tenggelam di pulau Mai, Kabupaten Maluku tengah, Jumat (01/7/2022).


Sekitar pukul 07.00 WIT KN SAR Abimanyu yang bertolak dari dermaga LIPI membawa 23 personil gabungan guna melakukan pencarian KM Rizky Mulia yang tenggelam.


Setelah menempuh jarak kurang lebih 18 KM, sekitar pukul 12.40 WIT, tibalah KN SAR Abimanyu di kepulauan Lucipara, Kabupaten Maluku tengah, tepatnya di pulau Mai.


Kemudian tim SAR berhasil menemukan korban dan di evakuasi pada pukul 13.20 WIt, kemudian di bawah ke Ambon untuk mendapatkan perawatan medis.


Pada Jumat (01/7/2022) sekitar pukul 18.40 WIT KN SAR Abimayu tiba di pelabuhan LIPI Ambon bersama korban dan langsung menyerahkan ke pihak perusahan untuk dilakukan perawatan medis.


Menurut keterangan La Deni, Nahkoda KM Rizky Mulia, mereka berangkat dari Kabupaten Asmat Provinsi Papua sejak tanggal 28 April 2022. Berlayar memasuki Laut Banda, kapal sempat mengalami kerusakan pada mesin utama.


"Namun berhasil diperbaiki dan kembali dan kami melanjutkan pelayaran," katanya.


Lanjutnya, pada tanggal 31 Mei, kapal motor tersebut dikawal Kapal TNI AL masuk ke Kota Ambon guna pemeriksaan dokumen pelayaran. 


Setelah selesai, tanggal 18 Juni 2022, KM Rizky Mulia kembali melanjutkan pelayaran menuju Probolinggo dengan muatan Gaharu Kemedangan sebanyak 2.300 karung.


"Pada Minggu 19 Juni 2022, KM Rizky Mulia dihantam gelombang tinggi di Perairan Laut Banda yang menyebabkan patahnya kemudi dan terombang-ambing selama empat hari sebelum tenggelam di Perairan Pulau Mai Kabupaten Maluku Tengah," tambahnya.



Untuk diketahui, korban selamat yaitu Nahkoda kapal La Deni (37), Mahudi (31 ), Askari (25), Yuskar (25),  Usman (32), Sulaiman (50), Ode Yasmin (25) dan Yusri (23).


Mereka diselamatkan oleh tim Penyelamat yang terdiri dari Rescue Basarnas Ambon 5 orang, ABK KN SAR Abimanyu 12 orang dan Polairud Polda Maluku 6 orang. (JP)

Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Orasi Rakyat News