Close
Close
Orasi Rakyat

5 Catatan Kritis Buat Pj. Bupati Buru



Desas desus soal siapa isu siapa yang menjadi Karateker di 4 Kabupaten/Kota di Maluku akhirnya terjawab dengan dilakukannya Prosesi Pelantikan pada, Selasa 24 Mei 2022 oleh Gubernur Maluku, Drs Murad Ismail, salah satu yang telah dilantik adalah Jalaluddin Salampessy yang resmi menjabat sebagai Karateker Bupati Buru.


Merespon persoalan tersebut maka ini Catatan Kritis yang harus menjadi Bahan pertimbangan buat Karateker Bupati Buru dalam memulai tugas tugasnya selaku Pimpinan Pemerintah :


1. Melakukan Evaluasi secara menyeluruh sebagai bentuk penyegaran terhadap seluruh Perangkat Organisasi Pemerintah Daerah Kabupaten Buru untuk memastikan mana yang punya kemampuan untuk lakukan sinergitas terhadap program program Yang akan dicanangkan di masa transisi Pemerintahan saat ini, hal itu juga penting untuk menciptakan aparatur daerah yang loyal terhadap tugas tugas ASN bukan sebaliknya menjadi loyalis personal kelompok elite politik tertentu.


2. Melakukan Audit Investigasi terhadap pengelolaan Penggunaan Keuangan Daerah baik secara internal untuk kepentingan belanja OPD maupun kegiatan yang bersifat taktis maupun secara eksternal Salah satunya Utang Daerah, Penggunaan Aset Daerah maupun sektor Perizinan dengan melibatkan Tim Audit baik dari internal maupun eksternal.


3. Melakukan evaluasi terhadap Proses pelelangan Barang dan Jasa milik Pemerintah dengan mendengar masukan dari para Asosiasi Jasa Konstruksi maupun pelaku usaha yang selama ini terlibat dalam proses Pelelangan Barang dan jasa.


4. Memanggil para ASN yang dimutasi tanpa alasan yang jelas untuk didengar Klarifikasinya serta Memulihkan status ASN tersebut manakala terdapat hal hal yang mengganjal dibalik kebijakan mutasi tersebut.


5. Melaporkan ke Penegak Hukum jika terdapat indikasi temuan hukum dalam pengelolaan pemerintahan daerah.


Demikian catatan Kritis yang bisa dipertimbangkan untuk kepentingan pelaksanaan pemerintahan daerah kedepan.


Namlea, 24 Mei 2022

Fuad Bachmid

(Tokoh Pemuda Buru/Wakil Ketua DPD Ormas MKGR Prov. Maluku)

Ikuti Kami Di👆

Post a Comment

Previous Post Next Post