Close
Close

Ekshibisi Hapkido PON XX: Atlet Maluku Raih 1 Perak & 4 Perunggu


Jayapura, Orasirakyat.com
 
Atlet Maluku berhasil meraih 1 medali perak dan 4 medali perunggu di ajang ekshibisi Hapkido Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2021-Papua.

Saat pertandingan yang berlangsung Suni Garden Lake Hotel & Resort Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu (25/9/2021), Maluku menurunkan 8 atlet.


Kendati demikian, hanya lima atlet yang berhasil meraih medali. Medali perak diraih Ivone Silaya  (kelas under 51 kg putri) sedangkan medali perunggu diraih Arilando Ohleky (kelas under 54 kg putra), Yulianus Batmamolin (kelas under 62 kg putra), Fredek Unaola (kelas under 72 kg putra)  dan Santri Madidi (kelas under 59 kg putri).


Pelatih Hapkido Maluku, Johanis Rumaratu disela-sela pertandingan mengaku Hapkido Maluku mengikutsertakan 8 orang atlet. “Dua atlet mengikuti kategori Hoshinsul dan 6 atlet mengikuti kategori Dae Ryun,” ungkapnya. 


Dikatakan, tampil di ekshibisi PON XX/2021-Papua ini merupakan langkah awal Hapikdo Maluku. 


“Bagi kita ini adalah awal keberhasilan yang tertunda akan tetapi kedepan pada PON berikutnya kita yakin atlet-atlet Hapkido Maluku akan dapat prestasi terbaiknya,” katanya. 


Sebagaimana diketahui, Hapkido merupakan salah satu olahraga bela diri yang berasal dari Korea di samping Taekwondo. Hapkido bergerak berdasarkan prinsip lingkaran yang memanfaatkan kekuatan lawan. Teknik-teknik dalam Hapkido antara lain meliputi pukulan, tendangan, kuncian, bantingan, jurus, serta latihan senjata.


Hapkido juga ada penggunaan senjata tradisional termasuk pisau, pedang, tali, nunchaku, kipas, tongkat, dan tongkat pendek yang dapat digunakan sesuai keperluan.


Hapkido berisikan teknik pertarungan jarak dekat dan jarak panjang memanfaatkan tendangan sambil meloncat, serangan tangan, lemparan, kuncian, dan serangan pada titik jalan maupun titik saraf pada manusia.  (Rls)

Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Orasi Rakyat News
Orasi Rakyat News