Close
Close
close
Orasi Rakyat
Orasi Rakyat

Siap-Siap, Bawaslu Bursel Akan Buka Pendaftaran Panwascam


Namrole, Orasirakyat.com
Guna mempersiapkan pengawasan Pemilu serentak tahun 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Buru Selatan (Bursel) akan segera membentuk Panitia Pengawasan Kecamatan (Panwascam).


Ketua Bawaslu Bursel, Umar Alkatiri saat konferensi pers di kantor Bawaslu Bursel, Sabtu (17/9/2022) mengatakan, untuk perekrutan Panwascam, pihaknya telah membentuk kelompok kerja (Pokja) yang di pimpin oleh Robo Souwakil selaku Ketua dan Supardi Salamun sebagai Sekretaris Pokja. 


Kemudian, Pokja yang dibentuk telah bekerja dan mengumumkan seleksi Pendaftaran Calon Anggota Panwascam di 6 kecamatan yang ada di kabupaten Bursel. 


"Adapun pengumuman seleksi Pendaftaran Calon Anggota Panwascam dilakukan dari tanggal 15 sampai 21 September 2022. Kemudian pendaftaran dan penerimaan berkas calon anggota Panwascam berlangsung selama 7 hari, yakni mulai 21 hingga 27 September 2022," ucap Alkatiri.


Sebelum pengumuman perekrutan Panwascam untuk Pemilu 2024, pihaknya telah melakukan sosialisasi guna memanggil putra - putri terbaik di Kabupaten Bursel untuk mendaftar sebagai calon Panwascam. 


Dalam penjelasannya, Alkatiri mengatakan, penetapan pelaksanaan pembentukan Panwascam itu ditandai dengan keluarnya Keputusan Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum nomor 314/hk.01.00/k1/09/2022 tentang Pedoman Pelaksanaan Pembentukan Panwascam dalam Pemilu serentak tahun 2024.


"Tahapan Panwascam ini dimulai dari pengumuman, pendaftaran, seleksi administrasi, tanggapan masyarakat, tes tertulis, tes wawancara dan terakhir penetapan 3 orang terpilih untuk dilantik," kata Alkatiri.


"Setelah terpilih, mereka akan dibekali melalui sejumlah bimtek yang akan kami gelar. Sampai saat ini sudah 52 orang telah mengambil formulir pendaftaran," tandasnya.


Sementara Ketua Pokja, Robo Souwakil menjelaskan, setelah Pokja dibentuk pihaknya sudah bekerja dengan melakukan sosialisasi.


Sejumlah titik di kecamatan Namrole dan Kecamatan Waesama sudah ditempelkan selebaran - selebaran, maupun spanduk - spanduk terkait pengumuman perekrutan Panwascam. Sosialisasi juga sudah dilakukan melalui akun media sosial maupun di website Bawaslu Bursel.


"Kami sudah lakukan sosialisasi di beberapa desa yang ada di kecamatan Waesama dan kecamatan Namrole. Sejumlah titik strategis sudah kami tempel selebaran pengumuman pendaftaran Panwascam," ucap Souwakil.


Ia menjelaskan, tahapan tentang pembukaan pendaftaran sosialisasi dan pengumuman seleksi Pendaftaran Calon Anggota Panwascam dilakukan dari tanggal 15 sampai 21 September 2022.


Sementara pendaftaran dan penerimaan berkas calon anggota Panwascam berlangsung selama 7 hari, yakni mulai 21 hingga 27 September 2022. 


"Tahap selanjutnya adalah penelitian kelengkapan berkas pendaftaran calon anggota Panwascam," terangnya.


Lanjutnya, apabila nanti jumlah pendaftar belum terpenuhi dan atau pemenuhan keterwakilan pendaftar perempuan belum terpenuhi, maka dimungkinkan akan ada masa perpanjangan pendaftaran calon anggota Panwascam.


Lebih jau ia menjelaskan, pelaksanaan pembentukan Panwascam dilaksanakan secara terbuka dengan sejumlah tahap yang sudah disebutkan oleh Ketua Bawaslu Bursel, Umar Alkatiri   


"Kami juga membuka tanggapan dan masukan dari masyarakat terhadap para pendaftar," ungka Souwakil.


Ia menerangkan, bahwa beberapa syarat mengikuti seleksi Panwascam, yakni WNI, pada saat pendaftaran berusia paling rendah 25 tahun, setia kepada Pancasila dan UUD 1945. 


Kemudian tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan dan mempunyai integritas.


Selanjutnya berkepribadian yang kuat, jujur, dan adil, memiliki kemampuan dan keahlian yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemilu, ketatanegaraan, kepartaian, dan pengawasan pemilu.


"Untuk keterangan persyaratan lengkapnya dapat diakses pada pengumuman resminya di kanal website Bawaslu Kabupaten Bursel maupun akun media sosialnya. Kami juga telah menyebarkan pengumuman resminya di beberapa titik di masing masing kecamatan," ujarnya.


Untuk surat sehat jasmani dan rohani, lanjutnya dapat dibuat di Puskesmas dan rumah sakit milik pemerintah. 


"Jadi jika mendaftar untuk kecamatan Waesama, tidak wajib buat di Waesama. Bisa buat di Puskesmas Namrole atau Rumah Sakit. Yang penting milik pemerintah," terangnya.


Sedangkan Sekretaris Pokja, Supardi Salamun menjelaskan, dalam rekrutmen Panwascam, tentunya dilakukan secara masif guna memberi kesempatan kepada seluruh masyarakat Bursel yang memenuhi syarat untuk berpartisipasi.


"Seleksi akan dilakukan secara terbuka dan transparan. Bagi putra - putri Bursel yang ingin bergabung dengan kami untuk mengawasi jalannya Pemilu 2024 silakan mendaftar," ajak Salamun.

Selain Ketua Bawaslu, Ketua Pokja dan sekretaris Pokja, turut hadir dalam Konferensi pers itu, Anggota Bawaslu Bursel, Husen Pune. 

Sekedar diketahui, rencana pelantikan Panwaslu Kecamatan terpilih akan dilantik dan diberikan pembekalan pada 26-28 Oktober 2022. Untuk persyaratan selengkapnya dapat di cek DISINI. (OR/01)

Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Post a Comment

Previous Post Next Post