Close
Close
close
Orasi Rakyat
Orasi Rakyat

Sekda Maluku Buka Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan Kelima

Ambon, Orasirakyat.com
Untuk membentuk dan mengembangkan kepemimpinan dan manajemen kinerja, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Daerah Provinsi Maluku, menyelenggarakan Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan V (Kelima), bagi PNS lingkup Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Kabupaten Kepulauan Aru, Kabupaten Buru Selatan, Kabupaten Sorong Selatan, Kota Ambon, Kota Tual, Kota Sorong dan KPU RI Tahun 2020.

Pelatihan ini dibuka pelaksanaannya oleh Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Maluku, Sadli Ie, melalui pemukulan tifa, didampingi Ketua BPSDM Maluku Hadi Sulaiman dan Kepala Bidang Pengembangan, Kompetensi Manajerial dan Fungsional (PKMF) Provmal, Faizal Ahmad. 


Berlangsung di Hall Kantor BPSDM Daerah Provinsi Maluku, Senin, (19/9/2022). Pelatihan ini diikuti 30 peserta yang berasal dari Kabupaten SBT 13 orang, Kota Ambon 1 orang, Kabupaten Bursel 3 orang, Kota Tual 10 orang, Kabupaten Sorong Selatan 1 orang, Kota Sorong 1 orang dan Kabupaten Kepulauan Aru 10 orang. 


Gubernur Maluku Murad Ismail dalam sambutannya yang dibacakan Pj. Sekda Maluku, Sadli Ie mengatakan, pada hakekatnya keberadaan suatu organisasi pemerintah harus mendeskripsikan tujuannya dengan jelas. Hal ini untuk menjadi tolak ukur keberhasilan atau kegagalan dalam proses pencapaiannya. Untuk mengawal pencapaian tujuan tersebut maka menjadi tugas pemimpin organisasi, yang diwujudkan dalam suatu manajemen kinerja.


"Untuk dapat menampilkan kinerja organisasi yang memuaskan, diperlukan perubahan organisasi yang bersifat strategis. Cara kerja organisasi yang masih menganut asas seperti sediakala, tidak lagi memadai di saat ini dan di masa yang akan datang, ditengah persaingan yang bersifat lokal, domestik dan regional serta global," ucapnya.


Menurut kepala daerah, organisasi yang ingin meningkatkan produktivitas dan efektivitasnya pada akhirnya akan menghadapi berbagai masalah yang timbul di masa depan. Untuk itu sangat diperlukan cara berpikir dan bertindak yang inovatif.


Inovasi dapat menyangkut penciptaan produk baru, struktur baru, hubungan baru dan bahkan juga kultur baru. Singkatnya, yang bercirikan organisasi masa depan ialah fleksibilitas, kreativitas dan inovasi.


"Dalam rangka mendukung terwujudnya birokrasi kelas dunia pada tahun 2005, pada setiap instansi pemerintah diperlukan sosok pegawai ASN yang memiliki tanggung jawab memimpin pelaksanaan seluruh kegiatan pelayanan publik secara administrasi, pemerintahan dan pembangunan bagi keberlangsungan unit organisasi," kata Gubernur.  


Olehnya itu, menurutnya sosok pegawai ASN yang dapat memainkan peran tersebut adalah pegawai yang telah memenuhi standar kompetensi, sehingga cepat atau lambatnya peningkatan kinerja organisasi akan ditentukan oleh kualitas manajemen kinerja, yang dilakukan pejabat pimpinan tinggi administrator pengawas dan pelaksana.


"Untuk itulah, pelaksanaan pelatihan ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi pejabat-pejabat administrator, dalam rangka memenuhi standar kompetensi manajerial jabatan administrator, dengan sasaran adalah terwujudnya kompetensi kepemimpinan manajemen kinerja, bagi pejabat administrator dalam melaksanakan tugas jabatannya," tandas Gubernur. 


Di akhir sambutannya, Gubernur menegaskan, peserta dituntut memiliki kompetensi untuk menerapkan kepemimpinan Pancasila dalam mentransformasikan perubahan di sektor publik, melalui prinsip manajemen mutu dan rencana suksesi perubahan kinerja organisasi, dengan mengoptimalkan seluruh potensi dan sumber daya dalam memimpin aksi perubahan kinerja organisasi pada unit kerja masing-masing.


Ia berpesan, para peserta membangun tekad untuk memperbaiki, mengkoreksi cara berpikir dan cara memandang persoalan.  Bila dulunya lebih banyak dilihat dari kepentingan sendiri, kelompok instansi dan sektornya, namun kini, merubah pandangan dari perspektif kepentingan publik yang lebih besar dalam menyelesaikan persoalan. 


"Marilah kita bangun komitmen bersama-sama untuk memberikan kontribusi terhadap perbaikan kualitas instansi masing-masing. Marilah kita tingkatkan semangat dan keberanian untuk mengambil tindakan dan resiko, dalam rangka menghasilkan inovasi yang bermanfaat bagi kepentingan publik," pesannya. 


Acara dilanjutkan dengan penyematan tanda peserta kepada dua perwakilan peserta oleh Pj. Sekda. (ZS)

Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Post a Comment

Previous Post Next Post