Close
Close
Orasi Rakyat

Kades Desa Gunak Belum Serahkan BLT Tahun Anggaran 2021



SBT, Orasirakyat.com
Penjabat Desa Administratif Gunak, Kecamatan Kilmury, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Maluku, Suprihatin Rumagia, sampai saat ini belum menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahun 2021 kepada masyarakat. 


Hal ini diungkapkan oleh salah satu Masyarakat Desa Gunak, Yamin pada, Kamis (02/6/2022) via telpon seluler.


Yamin mengatakan, sampai saat ini, bantuan langsung tunai (BLT) pada tahun anggaran 2021 belum disalurkan kepada para keluarga penerima manfaat (KPM) yang sudah ditetapkan dalam Peraturan kepala Desa (Perkades), padahal Anggaran telah selesai dicairkan.


"Sampai sekarang katong seng (tidak) dapat BLT 2021," ucap Yamin ini


Selain dari BLT, sejumlah program lain yang telah dianggarkan dan tertuang dalam APBDes pun belum dilaksanakan, padahal Desa lain telah fokus pada tahun Anggaran 2022 bahkan sebagian Desa telah merealisasikan BLT tahap satu tahun 2022, tetapi untuk Desa Gunak Sampai saat ini belum menerima BLT. 


Dinas terkait dalam hal ini Dinas PMD, serta Inspektorat sebagai Badan auditor internal Pemda pun tak dapat berbuat apa-apa, bahkan terkesan ada proses Pembiaran yang dilakukan oleh Dinas tersebut.


"Program lain juga seng (tidak) jalan," tambah Yamin.


Sementara Camat Kecamatan Kelimury, Abdul Gafar Rumanama saat dikonfirmasi menjelaskan. Sampai saat ini, Penjabat Kepala Desa Gunak yang diketahui bernama, Suprihatin Rumagia belum menyalurkan BLT terhadap Masyarakat di Desa yang dipimpinnya,


"Belum disalurkan kepada para penerima," kata Gafar.


Ditambahkan, selaku Kepala Wilayah Kecamatan, dirinya telah membangun komunikasi dengan Penjabat Desa setelah mendapat Laporan dan keluhan dari Masyarakat Desa setempat.


Menurutnya, BLT tahun 2021 telah dicairkan namun belum disalurkan sampai saat ini. Dirinya telah membangun komunikasi dengan yang bersangkutan agar segera merealisasikan semuanya, namun sampai saat ini tidak diindahkan.


"Informasinya sudah selesai cair, Beta (Saya) sudah membangun komunikasi dengan dia (Penjabat) tetapi sampai saat ini belum ada hasil," ucap Rumanama.


Sampai berita ini dipublikasikan, Penjabat Desa Gunak, Suprihatin Rumagia belum dapat dikonfirmasikan terkait dengan masalah tersebut. (FS)

Ikuti Kami Di👆

Post a Comment

Previous Post Next Post