Close
Close
close
iklan melayang
Orasi Rakyat

Tanggap Bencana, GMNI Apresiasi Gerakan Baznas SBT





SBT, Orasirakyat.com
Langkah cepat yang diambil badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Seram Bagian Timur dalam menyalurkan bantuan terhadap korban banjir rob mendapat tanggapan positif. 


Hal diungkapkan oleh Ketua GMNI Cabang Seram Bagian Timur (SBT), Irwan Derlean pada, Kamis (24/2/2021) di Bula.


Derlen menjelaskan, langka cepat Baznas dalam memasok bantuan tanggap darurat kepada para korban bencana di tenda-tenda pengungsian merupakan langkah yang semestinya dilakukan oleh semua stakeholder di daerah itu.


Menurutnya, langkah ini semestinya dilakukan oleh BPBD SBT, namun sangat disayangkan BPBD tidak mengambil langkah-langkah tanggap darurat.


"Kami sangat mengapresiasi langkah baik Plt Baznas SBT. Walaupun beliau dalam waktu singkat di Baznas namun gebrakan-gebrakan bantuan kemanusiaan itu sangat signifikan," ucap Derlean.


Lebih lanjut dikatakan, Baznas SBT yang dipimpin oleh Plt.Sidik Rumalowak yang lansung mendisitrubusi sembako, baik ke para korban bencana di Desa Hote Kecamatan Bula Barat maupun Desa Sesar Kecamatan Bula serta Desa Waru Kecamatan Teluk Waru patut diapresiasi, karena anggaran yang berasal dari ASN dalam lingkup Pemkab SBT di Baznas ini harus digunakan untuk masalah kemanusiaan, sehingga sehingga bermanfaat bagi orang yang membutuhkan.


"Bantuan Kemanusiaan itu GMNI SBT mendukung penuh, bahkan GMNI SBT secara kelembagaan juga ingin mengajak kerjasama dengan Baznas," kata Derlean.


Ketika ditanya terkait dengan bantuan di Kecamatan lain yang terdampak bencana, Derlean berharap, Plt Baznas SBT Sidik Rumalowak beserta personilnya harus meninjau secara langsung kecamatan dan desa lain yang saat ini mengalami bencana yang sama, serta dapat memberikan bantuan kepada para korban bencana seperti yang terjadi di Desa Kelu Kecamatan Seram Timur, serta beberapa Desa di Kecamatan Wakate dan Kecamatan Pulau Gorom.


"Baznas mungkin bisa meninjau secara langsung dan memberikan bantuan seperti daerah-daerah yang kemarin sudah mendapat bantuan," harap Derlean


Untuk diketahui, bencana banjir rob yang terjadi pada Selasa  22 Februari 2022 mengakibatkan 71 Kepala Keluarga, Desa Sesar 165 Kepala Keluarga, Desa Waru 30 Kepala Keluarga, serta korban bencana di Desa lain yang belum sempat terdata. 


Bencana tersebut mengakibatkan puluhan rumah rusak berat dan ringan serta ratusan warga terpaksa mengungsi. (FS)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama