Close
Close
Orasi Rakyat

Kedisiplinan ASN di Lingkup Pemkab SBT Terus Dibenahi






Lagu Terbaik Tahun 2021


SBT, Orasirakyat.com
Sebanyak 33% Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkup Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) tidak menghadiri apel jam pulang kantor pada Sabtu pekan kemarin. Hal ini diutarakan Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) SBT, Jafar Kwairumaratu di halaman kantor Bupati SBT, Senin (13/9/2021) saat apel Pagi.


Ratusan ASN ini dinilai tidak mematuhi Undang-Undang (UU) Nomor 5 tahun 2014 tentang ASN dan Peraturan Bupati Nomor 15 tahun 2021 tentang kode etik dan kode perilaku ASN. 


Dihadapan ratusan ASN saat memimpin apel pagi tersebut, Kwairumaratu membeberkan kehadiran para ASN saat mengikuti apel pada 11 September telah mencapai 67% dari total 1079 pegawai, dari jumlah itu, disiplin ASN di kabupaten ini mulai membaik.


"Pegawai pada lingkup pemerintah kabupaten SBT kurang lebih 1079 orang, kita capai hari sabtu kemarin itu 67% yang hadir apel. Jadi 33% yang tidak hadir, atau separuh sudah pulang sebelum apel," kata Kwairumaratu.


Dirinya menjelaskan, dalam amanat undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang ASN, UU Nomor 30 tahun 2014 tentang administrasi pemerintahan, peraturan pemerintah nomor 11 tahun 2017 tentang manajemen PNS, PP nomor 53 tahun 2010 tentang disiplin PNS. Menindaklanjuti ketentuan tersebut telah dikeluarkan peraturan Bupati Nomor 15 tahun 2021 tentang kode etik dan kode perilaku ASN.


"Kita mau menegakkan saja, sejauh mana pegawai bisa menyadari bahwa dia masuk pagi sesuai dengan ketentuan perundang-undangan, dia pulang siang, itu sebenarnya sudah diatur. Dan ini bagian dari pada gerakan untuk mengingatkan," tuturnya.

Ditambahkan, Selaku Plt. Sekda, dirinya telah diperintahkan Bupati dan Wakil Bupati SBT untuk menertibkan semua Pegawai Negeri Sipil (PNS) di daerah ini, untuk itu, pihaknya saat ini telah menerapkan apel pagi setiap hari senin dan apel pulang pada setiap hari sabtu untuk mengevaluasi kehadiran ASN dalam melaksanakan tugas.


"Target dua bulan kita tidak lagi apel pagi di kantor Bupati kalau semua sudah menyadari sebagai pegawai negeri saya punya tugas begini, saya punya kewajiban seperti begini. Kalau semua menyadari itu tidak perlu kita apel setiap hari, cukup satu bulan satu kali," pungkasnya. (Fer)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama