Close
Close
Orasi Rakyat

Jaga Ekonomi Keluarga, DPPA Malut Gelar Pelatihan Untuk Kelompok Keluarga



Sofifi, Orasirakyat.com 
Guna peningkatan kualitas  pada kaum perempuan di Maluku Utara (Malut), Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Malut mengelar pelatihan kepada kelompok keluarga bagi perempuan, bertempat di Cafe Mozaik Kayu Merah Puncak, Kota Ternate Selatan, Selasa (3/8/21).


Kegiatan yang  dihadiri oleh 10 orang peserta mewakili masing-masing kelompok dengan menghadirkan narasumber dari bank BRI sekaligus demo produk olahan ikan menjadi Bakso dan Nuget oleh ibu Sulastri dan ibu Nurlela, dengan tujuan untuk memberikan pemahaman kepada pengusaha perempuan guna meningkatkan kualitas perempuan dalam dunia usaha yang perlu di tekuni.


Kegiatan ini diselenggarakan dengan tema "Pelatihan Produk olahan ikan kepada UMKM Perempuan tahun 2021 di Provinsi

Maluku Utara".


Kepala Dinas Provinsi Maluku Utara, Hj. Musrifah Alhadar, dalam sambutannya mengatakan, keterlibatan perempuan dalam dunia usaha bukan lagi hal yang baru di era reformasi bahkan terlihat meningkat dari tahun ke tahun.


"Ini merupakan cerminan bahwa perempuan juga dapat berperan ganda selain menjadi ibu rumah tangga, perempuan juga aktif dalam kegiatan perekonomian keluarga," kata Musrifah.


Menurutnya, keterlibatan perempuan dalam bekerja dapat menggambarkan tingkat kesejahteraan dan pemberdayaan perempuan. Semakin banyak perempuan yang bekerja, maka secara tidak langsung dapat menunjukkan semakin banyak perempuan yang mampu membantu memenuhi kebutuhan hidup keluarganya. 


Lanjut kadis, perempuan yang berusia produktif juga diharapkan mampu terlibat secara aktif dalam kegiatan perekonomian khususnya di lingkup keluarga. Tuntunan akan kualitas Sumber Daya Manusia perempuan paling tidak memiliki dampak pada dua hal.


"Pertama, kualitas yang dimiliki perempuan akan menjadi mitra kerja aktif laki-laki dalam mengatasi masalah - masalah sosial, ekonomi dan politik yang diarahkan pada pemerataan pembangunan. Kedua, Perempuan yang berkualitas turut mempengaruhi kualitas generasi penerus," ujarnya.


"Peningkatan kompetensi perempuan merupakan salah satu upaya untuk terus menerus dilakukan pemerintah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat pada unit terkecil yaitu keluarga," sambungnya.


Ia berharap, dengan adanya peran perempuan dalam menunjang perekonomian keluarga diharapkan dapat membantu rencana pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah yaitu mensejahterakan rakyat.


Oleh karena itu,  pada kesempatan tersebut kepada peserta sangat diharapkan melalui kegiatan ini dapat memberikan nilai tambah yang dapat merubah pola pikir dari kaum perempuan dalam menunjang ekonomi keluarga sehingga tercapai kesetaraan perempuan dan laki-laki dalam menunjang ekonomi keluarga.


"Walaupun masa pandemi saat ini, diharapkan pelaku usaha industri rumahan harus lebih membuka diri dalam memaksimalkan potensi yang di miliki termasuk bermitra dengan semua kalangan," tandasnya. (ST)

Ikuti Kami Di👆

Post a Comment

Previous Post Next Post