Close
Close
Orasi Rakyat

Infografik Desa Terpampang, Ini Harapan Korkab P3MD SBT






Lagu Terbaik Tahun 2021

SBT, Orasirakyat.com
Papan infografik Desa sebagai sarana informasi penggunaan Anggaran di Desa oleh Pemerintah Desa sangat penting, karena ini merupakan bagian dari bentuk transparansi pengelolaan Anggaran, baik Dana Desa maupun Alokasi Dana Desa, karena hal tersebut sifatnya wajib. 


Demikian diungkapkan oleh Koordinator P3MD SBT, Abubakar Tuhuteru saat dikonfirmasi media ini pada, Kamis (29/7/2021)


Tuhuteru mengatakan, saat ini kurang lebih 10 Desa dari total 198 Desa sudah mulai membuat papan infografik desa, karena tersebut wajib dilakukan oleh setiap desa dan dipampang pada tempat yang sangat starategis atau mudah dijangkau dan dilihat oleh masyarakat. 


Menurutnya, papan infografik Desa ini telah disampaikan ke pihak Desa semenjak tahun 2016 sebagai tahun efektifnya pengelolaan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa.


"Sekitar 10, Wajib hukumnya setiap tahun anggaran dan di pampang ditempat strategis di desa. Sudah disampaikan sejak dana Desa efektif dari tahun 2016," ujar Tuhuteru.


Ketika ditanya terkait dengan Desa-desa yang belum membuat papan infografik desa, Tuhuteru menjelaskan, saat ini ada sedikit kendala, karena masih terjadi perubahan pada ABPDes, namun dirinya memastikan jika semua perubahan terhadap APBDes selesai dilakukan dan tidak ada perubahan lagi, maka papan infografik desa sudah bisa dicetak.


"Ada beberapa kendala kenapa belum dipasang karena ada perubahan perubahan APBDes, tetapi jika APBDesnya Sudah fiks dan tidak ada perubahan lagi maka dicetak sesuai APBDes perubahan," kata Tuhuteru.


Tuhuteru yang juga Tenaga Ahli Pengembangan Ekonomi Desa (TA-PED) pada P3MD SBT ini berharap, para Kepala Desa dalam pengelolaan Dana Desa harus sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, dengan mengedepankan asas transparansi dan akuntabilitas. 


Hal ini tentu sebagai upaya Pemerintah Desa dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa, jika ini dilakukan dengan baik, benar dan terarah, maka untuk mencapai Desa yang maju dan mandiri sangat mudah.


"Harapannya ke pihak desa khususnya Kepala Desa dan perangkat bisa mengelola anggaran dana desa secara baik dan benar, sesuai dengan Aturan yang berlaku. Dan berasaskan transparansi dan akuntabilitas demi mewujudkan masyarakat yang sejahtera, desa yang maju dan mandiri," harap Tuhuteru. (Fer)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama