Close
Close
Orasi Rakyat

Guspurla Koarmala Bantu Jalankan Program Vaksin



SBT, Orasirakyat.com
Gugus Tempur Laut (Guspurla) Komando Armada (Koarmada) III mengunjungi Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Provinsi Maluku, guna membantu program vaksin Pemerintah pusat.


Program serbuan vaksin nasional itu, guna mendukung percepatan dan pemerataan vaksin bagi masyarakat pulau terpencil dan terdepan diwilayah Indonesia Timur. Kegiatan penyerahan vaksin serta vaksinasi kepada masyarakat Kota Bula tersebut dilaksanakan di Aula Dinas Kesehatan SBT pada, Rabu (28/07/2021).


Pada kesempatan itu Komandan Guspurla III Laksamana pertama TNI Retiono Kunto mengatakan, program vaksin diwilayah terpencil dan terdepan ini merupakan instruksi presiden Joko Widodo untuk mempercepat pemerataan vaksin kepada seluruh masyarakat Indonesia.


Selain itu serbuan vaksin ini merupakan tugas pokok AL untuk melaksanakan pengamanan diwilayah terpencil dan terdepan.


"Karena itu, maka daerah yang menjadi pulau terpencil merupakan daerah yang penting karena mungkin akses komunikasi yang terbatas sehingga langkah ini yang dilakukan untuk mempercepat program tersebut," tuturnya.


Dijelaskannya, Guspurla secara berkala terus melakukan program vaksin di pulau-pulau diwilayah Koarmada III baik di Sorong, Jayapura, Ambon hingga Maluku Utara. 


Untuk itu, Retiono menegaskan, program yang dicanangkan pemerintah harus dilakukan secara bersama atau berkolaborasi, termasuk dengan TNI-AL, karena untuk menjangkau pulau terluar seperti ini tentunya TNI-AL yang memiliki fasilitas, dengan begitu pelayanan kesehatan vaksin Covid-19 kepada masyarakat dapat terjangkau dengan cepat.


"Kapten Lanal memiliki fasilitas lengkap yang bisa menjangkau sampai ke pulau terluar seperti di SBT, tentu hal Ini dilakukan dengan harapan agar bangsa ini bisa menjadi lebih sehat terutama terhindar dari virus Covid-19," tutup Komandan Guspurla Koamada III TNI Retiono Kunto.


Untuk diketahui, hadir dalam rombongan, terdiri dari Asintel Guspurla Koarmada III Letkol Laut (P) Agus Sutomo ST. M.Tr,Renops Guspurla Koarmada III Mayor Laut (P) Ahyari Muslim Akbar M.Tr, Komandan KRI Tatihu Mayor Laut (P) Dwi Prasetyo, awak kapal KRI Tatihi 25 Personil, serta pihak yang menjemput, Plt.Sekda Kab. SBT Jafar Kwairumaratu, Kabag Humas Setda SBT Ilham Hoedrawi, Kapos Pol Airud Kab. SBT Ipda Hendrik Nindatu, Kepala Pelabuhan Bula Abdul Radak, Danpos AL Bula Serma Bek Sunoto. (Fer)

Ikuti Kami Di👆

Post a Comment

Previous Post Next Post