Close
Close
Orasi Rakyat

Gelar Bimtek PIP, Ketua Bawaslu SBT Apresiasi Insan Pers






Lagu Terbaik Tahun 2021


SBT, Orasirakyat.com
Mengahadapi pelaksanaan Pemilu mendatang, Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) terus gelar bimbingan. Kali ini Bawaslu gelar Bimtek pengelolaan informasi publik (PIP). Kegiatan tersebut berlangsung di Kantor Bawaslu SBT, pada, Rabu (14/7/21)


Kegiatan ini juga menghadirkan narasumber yakni, Kepala stasiun Radio Republik Indonesia (RRI) Bula yang diwakili oleh salah satu staf, Muhammad Yasin Kelderak.


Ketua Bawaslu SBT, Suparjo Rustam Rumakamar mengungkapkan dalam pengelolaan keterbukaan informasi publik, Bawaslu tidak bisa terlepas pisahkan dari insan pers. 


Menurutnya, selain RRI, selama ini sejumlah media lain juga menjadi mitra dalam memberitakan kegiatan-kegiatan dan melakukan fungsi kontrol terhadap kinerja Bawaslu SBT.


"Saya mau melihat, sebenarnya bukan saja RRI menjadi lembaga yang kompeten dalam mempublikasi atau menyiarkan kegiatan Bawaslu, tetapi media-media lain juga mempublikasi kegiatan-kegiatan bawaslu," ungkap Rumakamar.


Ditambahkan, pelaksanaan kegiatan tersebut sebagai bentuk penguatan terhadap bidang Hubungan Masyarakat (Humas) di Bawaslu SBT. Sehingga dirinya berharap Humas Bawaslu harus intens membangun kerjasama dan komunikasi baik dengan insan pers di Daerah ini. 


Dirinya juga menyampaikan apresiasi terhadap insan pers di daerah ini, karena dari dua lembaga penyelenggara pemilu di SBT (KPU dan Bawaslu), pers selalu mendatangi Bawaslu dalam kepentingan pemberitaan.


"Apresiasi secara lembaga kami sampaikan dan mengucap syukur, menyampaikan terimakasih banyak kepada teman-teman pers yang selalu mengawal kebijakan Bawaslu dan kinerja Bawaslu di SBT," tandasnya.


Ditempat yang sama Devisi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Organisasi, Rosna Sehwaky menjelaskan, selama ini asumsi masyarakat terhadap Bawaslu SBT hanya stagnan pada tahapan-tahapan Pemilihan Umum (Pemilu), sementara pada non tahapan dinilai tidak ada program yang dilakukan lembaga Bawaslu SBT. 


Menurut mantan ketua Fatayat NU SBT, dengan pelaksanaan kegiatan bimtek pengelolaan informasi publik dapat menjadi jawaban terhadap publik bahwa Bawaslu terus melakukan kegiatan penguatan kapasitas dalam menghadapi pemilu serentak pada 2024 mendatang.


"Ini bagian dari rencana-rencana Bawaslu untuk menginput atau menyampaikan berita aktual yang menurut hemat kami RRI memiliki kemampuan itu untuk berbagi bersama kami di Bawaslu SBT" Ucap Sehwaky.


Sementara yang mewakili koordinator RRI Bula yang diwakili oleh Reporter RRI Bula, Muhammad Yasin Kelderak dalam paparannya menyebutkan, informasi publik telah diatur dalam undang-undang (UU) Keterbukaan Informasi Publik (KIP), namun dirinya menilai di Kabupaten SBT, masih banyak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang belum serius mengimplementasi amanat UU KIP tersebut di masing-masing Kantor.


"Baru kami saksikan hari ini, di Bawaslu Kabupaten Seram Bagian Timur yang melakukannya," tandasnya. (Fer)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama