Close
Close
Orasi Rakyat
Orasi Rakyat
Orasi Rakyat

Desa Kelaba Sosialisasi Pungli dan Covid-19





Lagu Terbaik Tahun 2021

SBT, Orasirakyat.com
Untuk mewujudkan Desa yang bersih dari pungli serta bebas Covid-19, Pemerintah Desa Kelaba Gelar sosialisasi kepada masyarakat Desanya. Hal ini diungkapkan oleh Penjabat Negeri Administratif Kelana, Halim Keliwawa pada, Jumat (18/6/2021)


Sosialisasi Covid-19 dan Pungli tersebut melibatkan pihak Kepolisian dalam hal ini Kapospol Kecamatan Kiandarat dan Danpos Kiandarat. 


Sosialisasi yang dilaksanakan pada 17 Juni ini melibatkan perangkat Desa, BPNA, serta masyarakat Negeri Administratif Kelaba, Kecamatan Kiandarat.


Sosialisasi pungli tersebut menurut Keliwawa, agar masyarakat di Desa bisa memahami secara benar pungutan liar (Pungli) yang saat ini terjadi dimana-mana dengan menggunakan modus yang berbeda-beda, baik di Desa maupun Kecamatan hingga Kabupaten.


Jika menemukan hal tersebut, maka dirinya menyarankan agar segera dilaporkan ke pihak Desa agar bisa ditindaklanjuti.


"Masyarakat Kelaba, bisa memahami kaitan dengan istilah Pungli dan Dampak Pungli terhadap masyarakat baik di internal Desa, maupun di tingkat Kecamatan dan Kabupaten. Jika terjadi Pungli di lakukan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab mampu di atasi ya di laporkan di Desa biar ditindaklanjuti," ucap Keliwawa.


Selain itu, Mantan Sekretaris HMI Cabang Fak-Fak ini secara tegas mengatakan, pihak menjadikan Negeri Administratif Kelaba sebagai salah satu desa yang serius menolak dan memberantas Pungli yang dilakukan dalam bentuk apapun, selama itu masih berada pada tataran normatif.


Ditambahkan, ini bagian dari tugas dan tanggungjawab pihak Desa untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat agar ikut serta dalam memberantas pungutan liar 


"Menjadikan Kelaba sebagai salah satu Desa yang serius menolak Pungli dalam pengurusan apapun, selama ada pada koridor UU, menambah khasanah berfikir untuk masyarakat Pedesaan dampak hasil Pungli dan aturannya yang lebih terinci dan jelas hingga mampu menyampaikan sekaligus memberantas Pungli di Desa," tegas Keliwawa.

Untuk pencegahan Covid-19, pihaknya telah melakukan penyemprotan, menyediakan masker, pencuci tangan dan kelengkapan lain yang berkaitan dengan pencegahan Covid-19.


Untuk itu, selaku Penjabat di Kelaba, dirinya berharap, warga yang dipimpinnya bisa mentaati himbauan yang terus dikeluarkan oleh Pemerintah dengan tetap menjaga protokol kesehatan 


"Mulai dari penyemprotan, bagi masker, mencuci tangan, dan  lainnya sejak H-5 Idul Fitri kemarin hingga kini. Masyarakat insya Allah terhindar dari Covid-19, protokol kesehatan tetap terjaga dengan baik," ucapnya. (Fer)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama