Close
Close
Orasi Rakyat
Orasi Rakyat
Orasi Rakyat

DD Effa, Kades dan Isteri Camat Harus Bertanggungjawab





Lagu Terbaik Tahun 2021

SBT, Orasirakyat.com
Pengelolaan Dana Desa Effa, Kecamatan Wakate diduga bermasalah, pasalnya program pengadaan dua buah fiber dan dua mesin tempel 15 PK belum juga direalisasikan di Desa. 


Demikian diungkapkan oleh salah satu Pemuda asal Desa Effa, Abdul Samad Rumakefing pada Jumat (18/6/2021).


Rumakefing menjelaskan, penyalahgunaan Dana Desa Effa pada Tahun Anggaran 2017-2018 tersebut diduga melibatkan Isteri Camat Wakate dalam pembelanjaan dua unit fiber dan mesin tempel 15 PK. 


Namun sampai saat ini barang yang diperuntukan untuk masyarakat (kelompok) nelayan ini belum juga sampai di Desa.


"Beberapa orang atau masyarakat yang kelompoknya berhak untuk mendapatkan dua buah mesin maupun fiber tersebut telah menanyakan kepada kepala desa tetapi belum ada," kata Rumakefing.


Lebih lanjut dijelaskan, selain Kepala Desa, Isteri Camat Wakate ini juga harus bertanggungjawab penuh, karena anggaran yang dialokasikan untuk pembelanjaan Body tempel dan mesin tempel telah diserahkan oleh pihak Desa kepada Isteri Camat. 


Namun ketika masyarakat (kelompok penerima) saat mempertanyakan hal tersebut, Isteri Camat Wakate ini selalu berkilah dihadapan para penerima, dengan alasan mesin di toko telah habis. 


Ditambahkan, pihak desa saat ini tidak lagi berurusan alias lepas tangan dengan hal tersebut, dan mengarahkan para penerima untuk mempertanyakan itu ke Isteri Camat.


"Saya tidak tahu dengan dua buah mesin, tanyakan kepada Isterinya Camat Wakate, karena Istri Pak camat yang harus bertanggung jawab atas dua buah mesin tersebut. Setelah ditanyakan, ibu camat bilang mesin habis di toko," Kutip Rumakefing.


Selaku pemuda yang berasal dari Effa, dirinya mendesak aparat penegak hukum, agar segera memanggil Kepala Desa Effa yang diketahui bernama, Ahmad Sugit Rumakeffing dan Isteri Camat Wakate untuk dimintai keterangannya, karena itu merupakan hak masyarakat yang harus disalurkan sesuai 


"Pihak yang berwajib yaitu Kejari SBT dan Polres SBT, kami atas nama masyarakat Desa Effa meminta untuk menindaklanjuti masalah ini," tegas Rumakefing.


Sementara, sampai berita ini dikirim, Isteri Camat Wakate belum dapat di konfirmasi. (Fer)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama