Close
Close
Orasi Rakyat
Orasi Rakyat
Orasi Rakyat

Cegah Covid-19, Ini Yang Dilakukan Penjabat Desa Buan Kataloka





Lagu Terbaik Tahun 2021

SBT, Orasirakyat.com
Guna melakukan pencegahan Covid-19, Pemerintah Pusat telah menginstruksikan untuk penggunaan Dana Desa sebesar 8%, untuk proses pencegahan di Desa. Hal ini diungkapkan oleh Penjabat Negeri Administratif Buan Kataloka, Sartono Rumauw pada, Selasa (22/6/2021).


Rumauw menjelaskan, untuk melaksanakan perintah Pemerintah Pusat lewat Dana Desa sebesar 8% dari pagu Dana Desa, untuk penanganan Covid-19 pada tingkat Desa, dirinya telah melaksanakan semua itu, dengan membelanjakan beberapa item barang yang menjadi kebutuhan pencegahan Covid-19, mulai dari ember, masker, alat semprot, handzanitiser hingga tisu serta renovasi posko.


"Di desa kami sudah laksanakan, Iya 8% yang dialokasikan untuk Covid," ucapnya.


Selain itu, Rumauw menambahkan, untuk distribusi semua peralatan tersebut, pihak Desa juga menghadirkan pihak Kepolisian setempat dan juga Babinsa, serta para Perangkat Desa dan Badan Permusyawaratan Negeri Administratif (BPNA). 


Demikian hal ini dilakukan dengan tujuan, agar dalam pengelolaan Dana Desa harus terbuka kepada seluruh masyarakat.


"Dari unsur Kepolisian, Babinsa, BPNA perangkat Desa serta masyarakat. Ini bagian dari keterbukaan Kami, dan Kami mulai dari hal-hal kecil," kata Rumauw.

Rumauw yang juga dari unsur tenaga Kesehatan ini berharap, dalam pencegahan Covid-19, masyarakat boleh beraktifitas, namun beberapa poin yang harus dijaga dan dihindari oleh masyarakat desa, yaitu menjaga jarak, sering mencuci tangan setelah beraktifitas serta menghindari kerumunan. 


Sebab ini tentu menjadi bagian terpenting dari pencegahan sehingga harus ditaati dan dilaksanakan oleh masyarakat.


"Jaga jarak, hindari kerumunan. Mencegah itu lebih baik dari pada mengobati, jika lingkungannya sehat maka masyarakatnya juga akan sehat," himbau Rumauw. (Fer)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama