Close
Close
Orasi Rakyat
Orasi Rakyat
Orasi Rakyat

APTI Harap Kedua Pemkab Toraja Usulkan Mesach Frans Karangan dan Willem Linggi Tambing Jadi Pahlawan Nasional





Lagu Terbaik Tahun 2021

Toraja Utara, Orasirakyat.com 
Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Aliansi Pemuda Toraja Indonesia (DPP APTI) Indra Gunawan Pabuntungan berharap nama Brigjen Mesach Frans Karangan (Frans Karangan) dan Willem Linggi Tambing (WL Tambing) dapat diusulkan Kedua Pemerintah Kabupaten Toraja (Tana Toraja dan Toraja Utara) untuk mendapatkan gelar Pahlawan Nasional Republik Indonesia.


"Saya sudah melakukan diskusi internal dengan pengurus, kami berencana membuat FGD dan seminar mengenai kedua tokoh pahlawan Toraja diatas" tutur Indra.


Indra menuturkan akan membentuk tim Peliti kalangan pemuda Toraja dari bidang ilmu Sosial, Teologia, Hukum bahkan Teknologi untuk mengkaji, membuat disksui terbuka, FGD, seminar secara kelayakan dan umum kedua tokoh pahlawan Toraja diatas.


Sebagai gambaran umum Indra menuturkan profil kedua tokoh diatas sebagai berikut.


Brigjen Frans Karangan adalah tokoh Toraja pada peristiwa 1953 DI/TII dan mengutus J. Pappang ketika peristiwa 1958 dengan Andi Sose. 


Frans Karangan juga memimpin pasukan dan bergabung dengan seluruh perwakikan masyarakat Toraja yang dikumpulkan WL Tambing ketika mengusir Andi Sose. 


Frans Karangan berani menentang Kahar Muzakkar dan Andi Sose yang juga petingginya di militer karena melihat penindasan yang dilakukan mereka terhadap masyarakat Toraja.


Willem Linggi Tambing atau dikenal dengan WL Tambing adalah anggota DPR Pertama asal Toraja tahun 1955 dan pendiri (pelopor) berdirinya Kabupaten Tana Toraja pada tahun 1957. WL Tambing berperan besar ketika peristiwa 1953 menyatukan Elite Tradisional dan masyarakat Kristen Toraja untuk bersatu melakukan perlawanan ke DI/TII dan Andi Sose.  


WL Tambing juga menyelamatkan masyarakat di Seriti dan Bastem ketika pemberontakan DI/TII dengan membuka hutan. Pada tahun 1958, meyakinkan Pemerintahan Soekarno bahwa masyarakat Toraja adalah bagian dan loyal bersama Indonesia.


"Melihat Jasa kedua Tokoh diatas, sudah seharusnya Organisasi Kepemudaan, LSM di Toraja, Gereja dan khususnya kedua Pemkab tanggap dan dapat mengusulkan keduanya menjadi Pahlawan Nasional" ungkap Indra. (Rls)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama