Close
Close

Amankan Idul Fitri dan Minimalisir Dampak Covid, Polres SBT Gelar Operasi Ketupat Siwalima 2021





Lagu Terbaik Tahun 2021

Polres SBT Apel Gelar Pasukan
SBT, Orasirakyat.com
Dalam rangka mengamankan Bulan Suci Ramadhan, dan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, serta meminimalisir peningkatan korban Covid19, Polres Seram Bagian Timur (SBT) gelar pasukan Operasi Ketupat Siwalima 2021. 


Apel ini dipimpin lansung oleh Kapolres Seram Bagian Timur, Andre Sukendar, S.I.K pada, Rabu (05/5/2021) di Lapangan Mako Polres SBT.


Kapolres dalam Sambutannya singkatnya mengatakan, tujuan dari gelar pasukan tersebut, untuk memastikan kesiapan operasi, peralatan dan seluruh aspek Operasi. 


Selain itu, apel ini bagian dari sinergitas dan soliditas komponen penyelenggara serta menunjukan segala bentuk kesiapan operasi kepada Publik.


Sambutan resmi Kapolri, yang dibacakan oleh Kapolres SBT menyebutkan, apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat-2021 dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1442 H, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan mitra kamtibmas lainnya. 


Selain itu,  menjelang hari raya Idul Fitri 1442 H tren kasus Covid-19 di Indonesia mengalami kenaikan sebesar 2,03%. Hal ini disebabkan karena adanya peningkatan aktifitas masyarakat khususnya menjelang akhir bulan suci Ramadhan dan hari raya Idul Fitri.


Ditambahkan, berdasarkan hasil analisa dan evaluasi Operasi Ketupat Tahun 2020, gangguan Kamtibmas secara umum seperti curat dan curas mengalami kenaikan sedangkan untuk kasus-kasus yang meresahkan masyarakat lainnya seperti curas bersenpi, curanmor, anirat, mengalami penurunan demikian juga kecelakaan dan pelanggaran lalu-lintas juga mengalami penurunan yang cukup signifikan.


Capaian tersebut merupakan bukti bahwa cara bertindak dan upaya penanganan pada pelaksanaan Operasi Ketupat tahun 2020 terkait dengan gangguan Kamtibmas masih perlu dioptimalkan.


"Pengamanan ini tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa, sehingga menjadikan kita cenderung under estimate dan kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat, apalagi dimasa pandemi covid-19 saat ini, kita harus lebih peduli jangan sampai kegiatan Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H menimbulkan klaster-klaster baru penyebaran Covid-19," ucapnya.


Kegiatan ini berakhir pada pukul 09.30 WIT. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Waka Polres SBT Kompol La Udin Taher, S.I.P, Pabung Mayor Inf Usman, Danki Brimob Iptu Nus Laweri, Danramil Bula Kapten Infanteri Lucky Iksan Pattimura, Danpos TNI AL Serka Sunoto, Kepala BPBD Usman Keliobas, PLT Kadis Kesehatan SBT Samun Rumakabis, para Kabag, Kasat, Perwira staf dan Kasi jajaran Res SBT. (OR/FS)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama