Close
Close

Silawane Sebut Disprindag SBB Tak Kreatif




Lagu Terbaik Tahun 2021

Kondisi Pasar Elpaputih Tanpa Ada Aktifitas Apapun

SBB, Orasirakyat.com 
Pemerintah daerah Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) dimintakan agar memfungsikan pasar Elpaputih,  desa Elpaputih Kecamatan Elpaputih Kabupaten SBB. Setelah dibangun dan diresmikan oleh Pemda setempat sampai dengan saat ini belum ada aktivitas dipasar tersebut.


"Belum difungsikan, seharusnya pemda lewat Disperindag SBB lebih kreatif agar pasar tersebut difungdikan dan ada aktivitas jual beli oleh masyarakat setempat," demikian disampaikan ketua Komisi III DPRD SBB Abu Silawane kepada Orasirakyat.com, Sabtu 3 April 2021.


Saat dilakukan peninjauan pasar tersebut kata Silawane, tidak ada aktivitas jual beli, dan pasar terlihat sepi padahal seharusnya ini menjadi tanggung jawab instansi terkait, untuk bagaimana berupaya agar ada aktivitas jual beli yang dilakukan masyarakat setempat, bukan sebaliknya Instansi terkait terkesan lepas tangan begitu saja.


Guna apa pasar dibangun jika tidak digunakan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat lewat jual beli dipasar tersebut.


"Sangat disayangkan, ini bertanda  instansi terkait tidak kreatif dan tidak memiliki kemampuan dan ketrampilan sehingga pasar dibiarkan begitu saja dan tak difungsikan dan tak ada aktivitas jual beli, dan ini sungguh miris sekali," ujar Silawane.


Menurut Silawane, dengan hadirnya pasar ditengah - tengah masyarakat, dapat menjadi opsi sederhana untuk meningkatkan kemandirian ekonomi desa setempat. Dan Pasar merupakan sebuah unsur yang mampu menggerakkan ekonomi masyarakat serta terdapat berbagai interaksi ekonomi yang mengakibatkan adanya transaksi penjual-pembeli secara langsung.


"Dengan difungsika pasar tersebut secara langsung sudah memberikan kepuasan kepada konsumen karena ada rasa kekeluargaan dengan saling bertegur sapa," jelas Silawane.


Dengan hadirnya pasar dan difungsikan maka masyarakat setempat akan pasarkan produk-produk yang dihasilkan oleh masyarakat, dan pasar juga sebagai sumber pendapatan bagi pemerintah daerah dan desa.


"Tentunya hal ini menjadi solusi yang baik apabila pemerintah daerah dan desa bersinergi dengan para pemuda, masyarakat setempat agar meningkatkan pula kemandirian dan pemberdayaan dalam membangun desa sebagai cita-cita bersama," tambah Silawane.


Untuk itu, Komisi III DPRD SBB berharap kepada Pemda dan instansi terkait, agar berupaya semaksimal peningkatan ekonomi masyarakat dengan cara menggerakkan pasar - pasar yang telah dibangun di beberapa kecamatan yang sampai saat ini tidak ada aktivitas. Apalagi dibangun dengan menggunakan APBN, ini seharusnya menjadi perhatian pemerintah daerah setempat.

Lanjutnya, Pemda SBB seharusnya berterima kasih kepada pemerintah pusat yang telah mengalokasikan anggaran untuk pembangunan infrastruktur pasar di daerah untuk menjawab kebutuhan ekonomi masyarakat Bukan terkesan diam dan pasar dibiarkan tidak berfungsi.


"Sekali lagi saya tegaskan, supaya pemerintah daerah dan instansi terkait agar tidak diam dan biarkan hal ini berlarut - larut tanpa ada solusi. Harus secepatnya pasar itu difungsikan, dan ada aktivitas agar menjawab kebutuhan ekonomi masyarakat setempat lewat proses jual beli," tandasnya. (OR/Fitrah)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama