Close
Close
Orasi Rakyat
Orasi Rakyat
Orasi Rakyat

Babinsa Fogi dan Waeleman Bersama Tim Lakukan Pendataan Desa Berbasis SDGs





Lagu Terbaik Tahun 2021

Babinsa Fogi dan Waeleman Bersama Tim Lakukan Pendataan Desa Berbasis SDGs

Namrole, Orasirakyat.com
Babinsa Fogi Koramil 1506-03/ Airbuaya, Sertu Adiman Umanailo bersama Kepala  Desa Fogi, Kecamatan Kepala Madan, Kabupaten Buru Selatan (Bursel) dan Tim Pokja Kelompok Relawan melakukan kegiatan Pemutahiran Informasi Data Masyarakat (IDM) yang berbasis Sustaimmable Developmen Goals (SDGs).


Babinsa Desa Fogi kepada awak media Rabu (27/04/2021) menjelaskan, pendataan desa Fogi tahun 2021 ini merujuk program pendataan dari Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi untuk pembangunan berkelanjutan yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan dana Desa tahun 2021.


Dikatakan, kegiatan pemutakhiran data SDGs desa dimaksudkan selain sebagai sumber data dan informasi dasar dalam menentukan kebijakan pembangunan desa, juga untuk melihat kondisi perkembangan kemandirian desa dan ketepatan intervensi kebijakan pemerintah terkait pembangunan desa yang dilakukan pemerintah yang melibatkan peran aktif masyarakat desa.


Sebelum Tim Pokja terjun ke lapangan, bersama-sama pendata mengisikan data BNBA ke dalam kuesioner keluarga dan warga masing-masing. 


Ini adalah pengisian data yang tidak membutuhkan wawancara dengan keluarga dan warga tersebut, karena datanya telah ada di lembaga yang bersangkutan.


Kemudian melatih pendata, dan memastikan pendata siap untuk mengumpulkan data lapangan.


Menurut Sertu Adiman, upaya pencapaian SDGs desa dalam situasi dan kondisi Pandemi COVID-19 tidaklah mudah, karena itulah, penggunaan dana desa 2021 diprioritaskan untuk membiayai kegiatan yang mendukung pencapaian 10 (sepuluh) SDGs desa yang berkaitan dengan kegiatan pemulihan ekonomi nasional, program prioritas nasional, dan adaptasi kebiasaan baru desa. 


Adapun 10 SDGs dimaksud dalam situasi dan kondisi Pandemi Covid-19 adalah Desa tanpa kemiskinan, Desa tanpa kelaparan, Desa sehat sejahtera, Keterlibatan perempuan desa, Desa berenergi bersih dan terbarukan, Pertumbuhan ekonomi desa merata, Konsumsi dan produksi desa sadar lingkungan, Desa damai berkeadilan, Kemitraan untuk pembangunan desa, dan Kelembagaan desa dinamis dan budaya desa adaptif.


Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Desa Fogi Ainudin Soel, Ketua Tim Pokja Jamrud Harisa dan tujuh Anggota Pokja, Ketua RT 02 Darmi Kolengsusu, Ketua RT 03  Ali Kalidupa dan Masyarakat Desa Fogi.


Sementara itu, sehari sebelumnya, bertempat di Desa Waelo, Kecamatan Waelata, Kabupaten Buru, Babinsa Desa Waeleman Koramil 1506-04/Waeapo Sertu La Madi menghadiri kegiatan Pelatihan Tim Kelompok Kerja (pokja) dan Relawan Pendataan Desa berbasis SDGs Desa tahun 2021.

Pelaksanaan kegiatan di Balai Desa Waeleman. Kecamatan Waelata Kabupaten Buru. 

Babinsa berharap, dengan adanya tim relawan kelompok kerja (Pokja) dalam pendataan desa semoga dapat meringankan beban masyarakat di tahun 2030 tidak ada yang miskin dan bisa sejahtera semua.


Ia turut mengingatkan pentingnya  selalu menjaga kesehatan diri maupun Keluarga dan masyarakat diharapkan selalu mengikuti protokoler kesehatan. (OR/LTO)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama