Close
Close
Orasi Rakyat
Orasi Rakyat
Orasi Rakyat

Yayasan Baileo Maluku Gelar Lokakarya Pengelolaan Gurita





Lagu Terbaik Tahun 2021

SBT. Orasirakyat.com
Dalam rangka menggejot sektor Perikanan, Yayasan Baileo Maluku bekerjasama dengan Pemerintah Negeri Kataloka mengadakan lokarya pengelolaan perikanan gurita. Kegiatan tersebut berlangsung pada, Sabtu (06/2/2021) di Kataloka.


Kegiatan berbasis masyarakat adat ini dihadiri oleh DKP Provinsi Maluku yang diwakili Kabid PRL Iwan, DKP Kabupaten Seram Bagian Timur diwakili oleh sekretaris dinas, Yadi Marasabessy, pemerintah negeri Kataloka, Saniri Negeri, Lewana (Keamanan Adat) kepala Dusun Garogos, dan perwakilan nelayan gurita. 


Sambutan Sekretaris Dinas Perikanan dan Kelautan SBT sekaligus membuka kegiatan tersebut menjelaskan, Pulau Koon, Garogos hingga Pulau Mukus merupakan wilayah konservasi sehingga peran Masyarakat setempat sangat penting dalam menjaga keberlangsungan ekosistem laut di Pulau-pulau tersebut karena dikhawatirkan jangan sampai hal tersebut disalahgunakan oleh pihak lain.


"Kawas Koon, Garogos dan Nukus adalah kawan konservasi, untuk itu peranan masyrakat adat Kataloka sangt penting untuk menjaga kelansungan hidup ekosistem terumbu karang dan biota laut, agar tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak beranggungjawab," kata Marasabessy.


Ditempat yang sama, Kepala Bidang PRL DKP Provinsi Maluku, dalam paparan materinya mengatakan, kawasan Pulau Koon, Garogos dan Nukus telah dilindungi oleh Dunia. 


Hal ini dilakukan untuk keberlangsungan hidup anak cucu kedepannya. Sehingga harus dijaga dan dirawat dengan baik oleh masyarakat yang mendiami daerah-daerah tersebut.


"Kawasan konservasi Koon, Garogos, Nukus dan kidan sudah dilindungi dunia untuk katong (kita) sehingga dijaga untuk keberlangsungan hidup anak cucu Kita," tutur Iwan.


Sementara itu sekrtaris Negeri Kataloka sangat mengapresiasi kegiatan yang Gagas oleh Yayasan Baileo Maluku, karena telah memilih Negeri adat Kataloka sebagai tempat kegiatan. 


Dirinya berharap, semoga kegiatan ini bermanfaat untuk masyarakat Negeri Kataloka terutama masyarakat yang berada di Dusun Garogos Negeri Kataloka, Kaecamatan Pulau Gorom.


"Kami menyampaikan aparesiasi kepada Yayasan Baileo Maluku atas kegiatan lokarya yang digelar di Kataloka, ini sangat bermanfaat bagi masyarkat Kataloka khususnya Dusun Garogos. Kami sangat senang," tutup Sekretaris Negeri Kataloka. (OR/Fer)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama