Close
Close
Orasi Rakyat

7 Negeri Adat Di Ambalau Nyatakan Sikap Dukung AJAIB






Lagu Terbaik Tahun 2021
Namrole, Orasirakyat.com
Kemenangan pasangan Hadji Ali dan Zainudin Booy (AJAIB) pada Pilkada kabupaten Buru Selatan (Bursel) semakin nyata, dan Kecamatan Ambalau akan menjadi dasar kemenangan pasangan yang siap menciptakan perubahan untuk Rakyat Bursel itu. 

Hal ini terbukti nyata, dimana masyarakat adat tujuh (7) Kampung yang ada di kecamatan tersebut menyatakan sikap dan berikrar janji akan memenangkan pasangan AJAIB.

Ikrar janji mereka sampaikan saat pasangan AJAIB berkampanye di kecamatan tersebut, mereka meyakini yang bisa membangun kecamatan Ambalau hanya Anak Kampong, sebab selama ini, kecamatan Ambalau tidak mengalami pembangunan yang signifikan dalam berbagai infrastruktur maupun kesejahteraan dalam peningkatan ekonomi masyarakat kecil.
“AJAIB menang, satu putaran. Anak kampong yang akan pimpin Bursel,” teriak ribuan masyarakat saat menjawab pertanyaan yang dilontarkan Anggota DPR RI Dapil Maluku, Hendrik Lewerissa saat berkampanye di Waelua, beberapa waktu lalu.

Bahkan ikrar mereka tidak bisa mereka ingkari sebab mereka telah berjanji kepada Lewerissa bukan sebagai bentuk dari janji politik mereka tetapi atas hubungan adik kakak Nusalaut-Ambalau yang selama ini terpelihara dengan baik.

Lewerisa dikesempatan itu, menyampaikan bahwa kalau bukan anak kampong sendiri yang akan bangun kampungnya lalu siapa lagi, yang akan melihat kecamatan Ambalau dan kabupaten Bursel.

“Kalau bukan Pak Hadji dan Adik Udin siapa lagi, lihat kondisi kecamatan ini selama sepuluh tahun hanya begini-begini saja. Kalau bukan Anak Kampong siapa lagi yang akan bangun. Pasangan ini pasangan yang mengerti kehidupan persaudaraan di kampung-kampung,” ucap Lewerisa.

Sebagai kaka nyong (sebutan kakak dari orang Ambalau bagi orang Nusalaut), Lewerissa menuturkan bahwa, jika ada konflik dan luka lama yang pernah terjadi itulah kehidupan, tapi hal itu tidak bisa memutuskan tali persaudaraan adik kakak.

“Piring juga bisa tatoki di meja makan, sebagai kakak beta minta dari adik-adik semua untuk memberi dukungan ke pasangan AJAIB anak kampong. Hanya mereka yang bisa buat perubahan di Kecamatan Ambalau dan di kabupaten Bursel. Tanggal sembilan adik-adik pilih nomor berapa?,” teriak Lewerissa bertanya.

Mendengar itu, ribuan masyarakat Ambalau yang hadir merasa terharu dan menyatakan akan memenangkan pasangan nomor urut satu dengan kemenangan yang cukup besar.

“Nomor 1 harga mati, kalau kakak sudah sampaikan begitu, katong bungkus untuk kemenangan Anak Kampong,” jawab masyarakat.

Bahkan yang lebih mengharukan lagi ketika Calon Wakil Bupati Zainudin Booy di gendong oleh Lewerissa sebagai bentuk dukungan kakak kepada adik. Disana masyarakat Ambalau yang hadir merasa tersentuh dan berlinang air mata.

Dikesempatan itu, Lewerissa juga meminta dukungan bukan hanya masyarakat yang ada di kecamatan Ambalau tetapi semua masyarakat Ambalau yang sedang bertugas maupun bermukim di 5 kecamatan lainnya yang ada di Bursel.

“Sampaikan kakak punya pesan, sampaikan kakak punya salam untuk semua adik-adik yang ada di sini maupun yang ada tugas di kecamatan lain. Kakak punya air mata ini sebagai bentuk permintaan dukungan, kalau sayang kakak coblos nomor 1. Kalau ada luka, kalau ada salah katong duduk sebagai orang adik kakak untuk selesaikan hal itu. Adik-adik harus bangga ada pemimpin yang lahir dari adik-adik, beta sebagai kakak saja bangga,” ucapnya.

Hal yang sama juga dikatakan oleh, Korwil Partai Golkar untuk provinsi Maluku-Maluku utara, Hamzah Sangaji. Sangaji menegaskan, dari sepak terjang pasangan AJAIB sudah pasti perubahan akan terwujud di kabupaten Bursel.

“Pak Ali dan Pak Zainudin Booy dipastikan membawa perubahan untuk Bursel dan Kecamatan Ambalau. Kalau bukan sekarang kapan lagi, kalau bukan pasangan AJAIB sapa lagi,” ucap Sangaji.

Kata mantan anggota DPR RI dari partai Golkar ini, jika masyarakat ingin Bursel berkembang pesat, jika ingin kecamatan Ambalau maju dalam berbagai segi maka masyarakat harus bisa memastikan AJAIB keluar sebagai pemenang.

“Kalau ingin Ambalau dan Bursel berkembang pilih Anak Kampong. Kalian harus bangga ada putra Ambalau yang akan pimpin Bursel. Semua basudara bangga seng kalau anak Ambalau juga bisa jadi pemimpin di negeri sendiri?,” tanya Sangaji.
Menjawab itu, ribuan masyarakat dari 7 kampung yang hadir bersorak memberi dukungan untuk pasangan AJAIB karena mereka sudah bosan dengan pemimpin saat ini dan menghendaki perubahan.

“Bangga, AJAIB menang besar. Yang lain sampe jua katong ingin perubahan. AJAIB Bupati,” teriak mereka.

Pantauan media ini, Pasangan AJAIB yang hadir saat itu juga terus meminta dukungan doa, supaya di tanggal 9 nanti, mereka bisa keluar sebagai pemenang dan bisa menciptakan perubahan sesuai harapan rakyat Bursel.

Dukungan yang sama juga berlanjut saat AJAIB berkampanye di desa Ulima, ribuan warga dari 6 desa lainnya juga turut ambil bagian dalam kampanye tersebut, itu membuktikan bahwa kecintaan masyarakat 7 negeri adat di kecamatan Ambalau menginginkan pasangan AJAIB memimpin Bursel 5 tahun kedepan. (OR/02)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama