Close
Close

Tambah 9 Orang Positif, Maluku Terkonfirmasi 12 Kasus Covid-19





Lagu Terbaik Tahun 2021

Maluku, Orasirakyat.com 
Sekda Provinsi Maluku yang juga sebagai Ketua Harian Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Maluku, Kasrul Selang dengan resmi mengumumkan jumlah pasien positif Corona Virus di Maluku menjadi 12 kasus.


Penambahan 9 orang positif baru ini telah terkonfirmasi melalui pemeriksaan laboratorium Polimerase Chain Reaction (PCR).

Hal ini dikatakan Kasrul dalam keterangan pers di lantai VI Kantor Gubernur Maluku sore tadi (11/4/2020). 

Dia memastikan hasil tersebut berasal dari uji laboratorium terhadap spesimen sejumlah orang yang masuk dalam pelacakan.

“Kita tetap waspada dan siap siaga. Sudah terkonfimasi lagi pasien yang positif tambah 9 orang. Jadi sudah ada pasien ke 12 sore ini,” papar Kasrul dalam keterangan persnya.

Dia merincikan, pasien 02 dan 03 merupakan warga Kota Ambon dan Saparua yang lebih dulu jalani isolasi di RSUD Dr. M. Haulussy Ambon.

Untuk pasien 04, 05 dan 06 sedang dalam isolasi di diklat. Mereka ini merupakan hasil lacak jejak dari pasien 02 yang berusia 74 tahun.

Kondisinya tanpa gejala sehingga pemerintah memutuskan untuk lakukan isolasi khusus di balai diklat.

Selanjutnya 07 berstatus PDP (pasien dalam pantauan) di ruang isolasi RS. AL. F.X. Suhardjo (RSAL) Halong. 

"Ia merupakan pelaku perjalanan yang baru saja datang dari luar daerah. 1 pasien lagi ada di RSAL ini juga sudah positif yang melakukan perjalan pulang dari Manado,” terangnya.


Lanjutnya, pasien ini sementara dirawat bersama pasien 08 dan 09 asal Saparua. Riwayat dua pasien asal Saparua ini merupakan hasil lacak jejak dari pasien 03 asal Saparua.

"Pasien 010 berasal dari Piru Kabupaten Seram Bagian Barat yang juga jalani isolasi di RSAL. Dan untuk pasien 011 dan 012 ini anggota Polda. Dari 12 kita punya prajurit di SPN Passo, terkonfirmasi 2 orang positif. Dan tadi sudah koordiansi dengan pihak Polda, kedua pasien itu akan diisiolasi di RS Bhayangkara Polri, Tantui,” rincinya.

Dari 12 Orang terkonfirmasi itu 1 pasien dinyatakan sembuh sementara 11 pasien lainnya dalam perawatan dan nol kasus meninggal.

"Untuk 11 pasien ini secara klinis mereka punya kondisi yang baik. Sementara jumlah PDP ada 7 orang dan ODP 131 orang," katanya.

Dibeberkan, rentan usia para pasien positif pun cukup lebar dimana usia termuda pasien positif di Maluku yaitu 23 tahun dan yang tertua adalah 74 tahun.

Kasrul menambahkan, yang berpotensi terpapar Covid-19 ini tidak hanya pelaku perjalanan tetapi orang yang tidak bepergian namun berkontak langsung dengan orang yang positif pun bisa terpapar dan bisa menjadi pasien dengan status positif corona. (OR/05)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama