Close
Close
Orasi Rakyat
Orasi Rakyat
Orasi Rakyat

SBB Jebol, Gugus Tugas Covid-19 di Minta Cepat Lakukan Tracking





Lagu Terbaik Tahun 2021

Piru, Orasirakyat.com 
Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB)  jebol dengan terkonfirmasi positif Covid-19, dengan adanya kasus warga SBB terkonfirmasi positif Covid-19 Tim Gugus Tugas Covid-19 secepatnya melakukan yang lebih efektif lagi, yang ditakutkan jangan sampai kembali muncul kasus Covid-19 seperti Fenomena gunung es di Kabupaten SBB.

“Tim gugus tugas Covid-19, segera bergerak mengambil langkah cepat dengan melakukan tindakan tracking,” tegas Sekretaris Komisi 1 DPRD SBB Eko Budiono kepada media ini, Minggu (12/4/2020).

Hal ini menurut Eko, harus dilalukan segerah oleh tim gugus tugas dengan menggandeng semua pihak termasuk dengan cara memberikan informasi seluasnya agar ada respon positif dari masyarakat dalam membantu memberikan informasi data tracking.

“Apalagi ada yang sudah kontak langsung dengan pasien yang sudah dinyatakan positif Covid-19 itu," ujar Eko.

Eko menuturkan, selain data tracking Pemda SBB maupun Tim Gugus Tugas Covid-19, harus cepat dalam menyiapkan Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga kesehatan yang bertugas tangani Covid-19, sebab saat ini APD masih minim dan Pemda SBB dan Tim Gugus Tugas harus perioritaskan pula keselamatan para tenaga kesehatan dilapangan.

“Harus memfasilitasi seluruh tenaga kesehatan mulai dari tingkat puskesmas sampai rumah sakit dengan APD yang standard, karena tenaga medis itu bak seperti tameng di garda terdepan yang senantiasa menerima resiko anak panah virus Covid-19," Cetus Politisi PKB itu.

Lanjutnya, jika hanya melalui inang - inang yang kita tidak dapat mendeteksi, jika tameng mereka tidak kuat maka akan jebol juga nantinya, disamping mereka juga harus diberikan jaminan nutrisi dan vitamin imunitas yang cukup pula agar kesehatan dan imun tubuh mereka terjaga. Ini seharusnya pula menjadi perhatian Pemda SBB dan Tim Gugus Satgas Covid-19.

"Seharusnya ini pula yang menjadi perhatian serius Pemda SBB dan Tim Gugus Tugas Covid-19, agar imun para tenaga kesehatan terjaga dan harus dijamin kesehatan mereka pula,” pungkasnya.

Di sisi lain juga masyarakat tetap harus tetap tenang dan tidak panik, serahkan sepenuhnya ke tim gugus tugas Covid-19 yang sudah di bentuk sampai ke desa - desa yang sudah jalankan pencegahan penyebaran Covid-19 di desa masing - masing.

Eko pun meminta agar masyarakat lebih pro aktif dalam memberikan informasi kepada pihak-pihak terkait jika mendapatkan informasi sekecil apapun terkait Covid-19.
“Justru jangan secara langsung disebarkan lewat medsos yang akan menimbulkan kepanikan bagi masyarakat lainya. Jika bukan ahlinya jangan menyebarkan apa yang tidak kita ketahui sehingga dampaknya sangat fatal," imbuhnya.

Ditambahkan, DPRD sebagai lembaga dalam fungsi controling akan tetap memantau kerja dari gugus Covid-19 mulai dari kabupaten sampai desa - desa dalam pencegahan penyebaran sekaligus memutuskan mata rantai Covid-19.

“DPRD tetap bersama dengan Pemda SBB dan Tim Gugus Tugas bersama untuk lawan cegah Covid-19 di Kabupaten SBB ini,” tandasnya.

Ditanya soal apa yang sudah dilakukan DPRD, Sekretaris komisi 1 DPRD SBB Eko Budiono menyampaikan kita setiap hari melakukan komunikasi lewat teleconfrens dari masing-masing dapil untuk memantau kegiatan tim gugus kabupaten, selain itu DPRD SBB selalu berkoordinasi dengan pimpinan sebagai Forkompinda yang tergabung dalam tim gugus kabupaten itu sendiri" Tutup Eko. ( OR/MFS)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama