Close
Close
Orasi Rakyat
Orasi Rakyat
Orasi Rakyat

Warga Kota Namrole Belum Bijak Buang Sampah





Lagu Terbaik Tahun 2021
Namrole, Orasirakyat.com 
Kota Namrole Kabupaten Buru Selatan (Bursel) di Provinsi Maluku termasuk kategori kota kecil. Bila ditata secara baik maka kota akan terlihat bersih dan indah. 

Untuk mencapainya, perlu mendapat dukungan dari semua pihak terkhusus dukungan masyarakat.

Hal ini terkait dengan persoalan sampah, masyarakat masih belum tahu cara membuang sampah secara baik sehingga sampah berhamburan di atas jalan.

Ada jam tertentu saat membuang sampah dan memisahkan sampah basah dan sampah kering dan di letakan dalam kantong plastik atau karung. Cara-cara ini yang masih belum dipahami dengan benar oleh masyarakat banyak di kota Namrole.

Akibat dari belum tahu cara membuang sampah, menyebabkan sampah berhamburan diatas jalan raya sehingga menggangu masyarakat pengguna jalan.

Setelah keberadaan sampah   yang telah menimbulkan keresahan di tengah-tengah masyarakat kota Namrole, dan telah viral di berbagai media, akhirnya Sekertariat Daerah (Sekda) Bursel Iskandar Walla didampingi Asisten I Alfario Soumukil dan Kabag Humas Ariens Soulisa langsung turun lapangan untuk melihat secara langsung titik-titik tempat pembuangan sampah yang ada didalam Kota Namrole. 

Sekda dalam peninjauan lokasi pembuangan sampah sekaligus melihat kebenaran masalah tersebut, ternyata benar karena telah ditemukan banyak sampah yang dibuang masyarakat hingga berserahkan ke atas jalan raya.

"Nanti kita usahakan ada penambahan kountener sampah dan bak sampah," ujar Sekda," Selasa (7/1/2020).

Sekda mengaku prihatin dengan persoalan sampah, karena masyarakat yang belum tahu cara membuang sampah secara baik dan benar.

"Nanti pasang tanda-tanda larangan membuang sampah dan himbauan kepada masyarakat," ucap Sekda memberi instruksi kepada Kadis Kebersihan dan Lingkungan Hidup, Lukman Soulisa yang hadir di lokasi.

Sedangkan, Kadis Kebersihan dan Lingkungan Hidup, Lukman Soulisa mengaku pihaknya sudah membuat papan himbauan, namun yang terjadi masyarakat tidak membuang sampah pada tempatnya, namun dibuang begitu saja di atas jalan raya.

Diketahui, Sekda usai meninjau titik-titik pembuangan sampah dan melihat secara langsung pasukan kebersihan mengakut sampah, ia kembali dan akan lakukan pertemuan dengan Kadis serta pasukan kebersihan sampah.
Pantauan media ini, sampah-sampah yang menumpuk pada titik-titik tempat pembuangan sampah suda diangkut oleh pasukan kebersihan dari Pemda buru selatan. (OR/05)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama