Close
Close
Orasi Rakyat
Orasi Rakyat
Orasi Rakyat

Proyek PLTP Tulehu Tidak Ada Kaitan Dengan Gempa Ambon





Lagu Terbaik Tahun 2021
Ilustrasi 
Jakarta, Orasirakyat.com 
Dampak gempa yang menimpa Maluku dan Kota Ambon beberapa waktu lalu kemudian menimbulkan berbagai spekulasi dimasyarakat.


Dari berbagai spekulasi yang berkebang, Proyek Pengeboran panas bumi atau Geothermal yang dilakukan PT. PLN di Tulehu diindikasikan sebagai penyebab dari gempa tersebut.



Menyikapi tudingan tersebut Executive Vice President Panas Bumi dari PLN Pusat, Zulfikar Manggau mengaku pihak PLN memang tengah melakukan pengeboran untuk pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) di Negeri Tulehu. 



Akan tetapi lanjutnya, proyek pembangunan PLTP tersebut tidak memiliki kaitan dengan Gempa yang menimpa Maluku dan sekitarnya, sehingga Pembangunan tersebut tidak ada dampak yang berkaitan dengan gempa bumi yang dilakukan di Negeri Tulehu," ungkapnya.



Dia mengakui, potensi Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) sangat besar dan salah satu dari sekian banyak potensi itu ada di Tulehu. 



Proses pembangunan PLTP Tulehu dimulai sejak 1996, ijin WKP 1997, reling pertama dilaksanakan tahun 2011, tahun 2017 dan 2018 dilakukan pengeboran empat sumur eksplorasi.



“Saat ini hasil dari pengeboran sedang kita kaji untuk melangkah pada tahap berikutnya dan PLN tetap berkomitmen untuk menyelesaikan proyek ini, dan diharapkan pengembangan bisa dilakukan di tahun ini juga,” jelasnya.



Dikatakannya, dalam upaya PLN melanjutkan pengembangan PLTP Tulehu tetap mengedepankan asas kepedulian terhadap lingkungan, sehingga dampak sekecil apapun yang timbul dari pembangunan yang dilakukan PLN harus bisa dimitigasi sedini mungkin dan menyelesaikan persoalan yang muncul termasuk di Tulehu.



“PLTP Tulehu direncanakan tahun 2025 dapat beroperasi,” harapnya.(OR/BN)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama