Close
Close
Orasi Rakyat
Orasi Rakyat

DD Tahap III Tak Cair, Para Kades Datangi Bupati di Pandopo





Lagu Terbaik Tahun 2021
SBT, Orasirakyat.com 
Dana Desa di Kabupaten semakin hari tak luput dari masalah, mulai dari dugaan korupsi hingga alasan keterlambatan pencairan yang terjadi setiap tahun. 

Kali ini akibat alasan tidak bisa cair puluhan Kepala Desa dan bendahara Desa lansung datangi Bupati Seram Bagian Timur, Abdul Mukti Keliobas di Pandopo, Kamis (02/01/2020).

Sebelum ke Bupati, para Kades terlebih dahulu mendatangi Bank Maluku Cabang Bula sekitar jam 10:00 WIT untuk pencairan, namun tidak bisa cair setelah ada surat resmi dari pihak PMD SBT ke pihak Bank Tanggal 31 Desember 2019, yang isinya memperhatikan Permendagri Nomor 20 tahun 2018 tentang pengelolaan keuangan Desa pada pasal 1 Ayat 8 yang berbunyi, Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) adalah rencana keuangan tahunan Pemerintah Desa. 

Bersama ini disampaikan bahwa per-31 Desember 2019 tidak dapat melakukan pencairan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa dan dianggarkan lagi pada APBDes tahun Anggaran 2020.

Masih pada isi surat yang sama, dalam rangka tertib administrasi penatausahaan keuangan Desa, dimohon untuk tidak melayani transaksi/pencairan sisa dana desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) pada rekening Kas Desa (RKD) sebelum kepala Negeri/Negeri Administratif bersama BPN/BPNA menetapkan APBDes tahun Anggaran 2020. Surat pemberitahun dengan nomor 272/2019.

Sementara informasi yang dihimpun media ini dari beberapa Kepala Desa, ternyata kehadiran para Kepala Desa dan Bendahara Desa ke Bank untuk proses pencairan, namun setibanya mereka di Bank ternyata sudah ada surat Pemberitahuan dari pihak Dinas ke Bank.

"Banyak desa yang belum cair, alasannya hari Kamis baru cair. Ternyata ada surat masuk dari Pemdes untuk tidak bisa cair," ucap salah satu Kepala Desa yang enggang namanya dipublikasikan.

Selain itu, menurut sumber ini, beberapa Desa telah melakukan proses pencairan 100% tahap III sementara Desa yang lain telah melakukan pencairan sebesar 50% dari total pagu tahap III. Namun, ada keanehan dalam proses pencairan ini karena seperti ada yang diistimewakan.

"Kurang lebih dua desa bisa ambil 100%, sisanya hanya bisa ambil 50% dari total tahap III. Bahkan ada yang tidak bisa cair," beber Sumber ini.

Setelah ketemu dengan orang nomor satu di SBT, para Kades ini diberikan kesempatan untuk pencairan sampai pada senin mendatang.

"Kesepakatan semuanya sampai senin sudah bisa selesai cair," kutipnya.
Pantauan lansung wartawan media ini, terlihat para Kepala Desa dan Bendahara Desa ramai-ramai mendatangi Bank Maluku Cabang Bula dengan tujuan untuk melakukan pencaiaran, namun terganjal surat pemberitahun dari Dinas PMD. 

Kemudian para Kades dan Bendahara Desa ini lansung menuju Pandopo yang merupakan Rumah Dinas orang nomor satu di SBT ini untuk mempertanyakan masalah tersebut. (ORA/FS)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama