Close
Close
Orasi Rakyat
Orasi Rakyat
Orasi Rakyat

SMA Negeri Leksula Manfaatkan Komputer Dan Android Untuk Ujian





Lagu Terbaik Tahun 2021

Namrole, Orasirakyat.com
Ada yang berbeda dengan pelaksanaan Tes Akhir semester (Ujian) di SMA Negeri Leksula  tahun 2019 ini.

Dimana, para siswa mengerjakan soal yang sudah disiapkan oleh pihak sekolah dengan menggunakan Komputer dan Handphone berbasis android. Mereka tidak lagi menggunakan kertas dan pensil seperti pelaksanaan ujian konvensional lainnya.

Alfin Lesnussa, salah seorang siswa kelas X mengaku belum terbiasa mengerjakan soal menggunakan komputer dan handphone android. Meskipun sempat mengalami trouble, namun Alfin tetap berusaha menjawab soal yang tersedia.

Terdapat 60 soal pilihan ganda disetiap mata pelajaran yang diujikan.

"Awalnya terasa sedikit rumit tapi jika sudah terbiasa akan mudah," tuturnya, kepada media ini, Rabu (6/12).

Operator sekolah, Sendik Lesnussa menjelaskan, secara teknis pelaksanaan tes akhir semester ini sama dengan ujian berbasis komputer. Soal diunggah ke website dan siswa mengaksesnya menggunakan komputer dan handphone android.

Mereka juga harus login terlebih dahulu sebelum mulai menjawab soal. Jika batas waktu yang sudah ditentukan habis, secara otomatis mereka akan logout.

"Semua seri android bisa digunakan, minimal handphone memiliki kapastitas RAM 1 giga," jelasnya.

Sementara Kepala SMAN 1 Leksula, Yolanda Seleky, mengatakan, pelaksanaan tes akhir semester untuk kelas X, Xl dan Xll menggunakan komputer dan handphone android ini merupakan yang pertama kalinya diselenggarakan oleh SMA Negri 1 Leksula di kabupaten Buru Selatan.

Seleki mengatakan, pihak sekolah memanfaatkan komputer dan handphone yang sudah dimiliki oleh setiap siswa.

"Jadi tidak membebani siswa karena mereka rata-rata sudah mempunyai handphone android sendiri," ujarnya, Jumat (12/19).

Penggunaan komputer dan handphone dalam menjawab soal akhir semester ini mempunyai keuntungan tersendiri bagi pihak sekolah. Selain bisa menghemat pengeluaran untuk membeli kertas, guru juga diuntungkan dengan nilai ujian yang bisa langsung keluar. Sehingga mereka tidak perlu melakukan koreksi.

"Rencananya ini akan dilakukan disetiap tes semester" pungkasnya.

Seleky pun menyampaikan banyak terima kasih kepada orang wali siswa yang turut membantu hingga ada sumbangan dari orang tua wali siswa kepada sekolah berupa tiga unit komputer yang dapat digunakan untuk tes akhir semester ini.

Ia pun berterimakasih kepada pihak PLN Leksula yang telah membantu hingga tes akhir semester ini lampu tetap beryala hingga tes selesai.

“Terima kasih banyak untuk orang tua wali siswa dan pimpinan PLN Ranting Leksula dan semua pihak yang sudah turut berpatisipasi membatu kami, hingga anak-anak kami boleh melaksanakan tes akhir semester dengan menggunakan komputer dan handphone android ini dengan baik,” ucap Seleky. (ORA-03)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama