Close
Close
Orasi Rakyat
Orasi Rakyat
Orasi Rakyat

Kelebihan dan Kekurangan Dalam Politik Noach vs Orno





Lagu Terbaik Tahun 2021
Ambon, Orasirakyat.com 
Suhu politik jelang pilkada Kabupeten Maluku Barat Daya (MBD) kian hari semakin meningkat, dan tak jarang menimbulakan berbagai dampak termasuk sentimen politik yang terjadi dianatara bakal calon.


Menyikapi hal tersebut Parameter Research dan Consultant lewat Edison Lapalelo selaku Direktur Wilayah timur mengungkapkan, setelah hasil survei pada Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) kami lakukan, tentunya hari ini kami sudah memiliki data terkait besaran elektoral dari para calon Bupati dan Wakil Bupati di MBD.



Dikatakannya,Berdasarkan data yang kami dapati hanya ada enam nama yang sampai hari ini menjadi fokus pengamatan kami yakni; Benjamin Thomas Noach (Oyang Noach), Nickolas Kilikily, Melkias Frans, Desianus Orno (Odi Orno), Simon Moshe Maahury, dan satu calon Independen Jhon Leunupun.



Memang ada banyak nama yang maju sebagai calon Bupati di MBD akan tetapi sampai dengan saat ini, kami mendapati fakta bahwa dinamika politik di MBD lebih terfokus pada nama-nama ini.



Olehnya lanjut Lapalelo, "dalam hal ini kami kemudian melakukan pengamatan guna mengukur sebaran diferensiasi elektoral terhadap keenam nama tersebut, disamping kami juga melakukan pengamatan dan kajian yang sama terhadap para calon wakil bupati di MBD,".



Dan untuk calon wakil bupati sendiri kami mendapati data bahwa terdapat sejumlah nama yang sampai hari ini semakin menguat dan juga menjadi fokus dari kami untuk mengukur sejauh mana diferensiasi elektron mereka, yakni utha kabalmain Kim David Markus, Bastian Petrus, Ari Kilikily, Jordans Barlola, Erick Angkie,Kilion Maularat,dan Semmy Letelay, serta seorang kandidat perempuan bernama Elisabeth Dahaklory.



Sehingga sampai hari ini itulah nama para calon wakil bupati yang kami pantau terkait diferensiasi elektoral mereka.



Olehnya dari hasil pengamatan ini, kami mendapati sebuah fakta bahwa ternyata pergerakan politik yang terjadi di MBD merupakan pergerakan politik yang sangat dinamis dan terbuka untuk setiap orang dapat menilai dan memberikan pendapatnya.



"Akan tetapi yang paling menonjol dari geliat sentimen politik di MBD saat ini, adalah ketatnya persaingan antara Desianus Orno (Odi Orno) melawan Benjamin Thomas Noach (Oyang Noach)," jelasnya.



Ternyata, geliat sentimen politik diantara keduanya (Noach Vs Orno), berdasarkan pengamatan kami, memberi dampak besar bagi dinamika politik yang terjadi di MBD, baik kepada kedua kandidat (Orno vs Noach) maupun para kandidat lainnya.



Bahkan tak pelak, dinamika sentimen politik diantara Orno Vs Noach ini, kemudian menimbulkan berbagai opini dan wacana yang mengarah kepada ranah hukum.



" kami bahkan menemukan di media sosial lewat kajian kami, terdapat selisih terkait wacana kasus hukum tersebut. yang mana presentase pada media sosial 30% dibandingkan dengan fakta lapangan sebesar 70%, dan hal ini kemudia mengundang tampilnya sejumlah aktifis MBD yang terkoptasi pada isu sentimen ranah hukum," Paparnya.



Dari hal tersebut kami kemudian menemukan bahwa akan ada dampak secara luas bagi proses politik di MBD, khususnya plus minus bagi kedua bakal calon ini jika kemudian ada asumsi yang berkembang bahwa perseteruan keduanya akan memberikan keuntungan kepada pasangan calon yang lain.



" terkait asumsi tersebut kami memiliki pendapat yang berbeda mengapa? sebab dari hasil temuan kami ternyata efek dari ketatnya sentimen politik antara Orno vs Noach ini,memberi dampak semakin kuatnya militansi dari para pengikut atau foters para Clan masing-masing.Hal ini dikerenakan struktural politik klasik yang membiaskan emosional keluarga dan menimbulkan status Quo terhadap pilihan dan keberpihakan kepada kedua pasangan calon,".



Akan tetapi ada hal yang harus juga diperhatikan dari kedua kubu (Orno vs Noach) yang sementara terlibat dalam sentimen politik ini. yakni bahwa pergerakan sentimen sasi tersebut harus juga memperhatikan pergerakan dari kompetitor lainnya, sebab ada efek plus minus dari dinamika sentimen politik yang terjadi. 



Dampak Plus dari dinamika sentimen politik ini adalah, semakin meningkatnya militansi dari para pendukung Clan masing-masing, dan secara politik ini adalah hal yang baik.



Namun dampak minus juga bakal terjadi dari akibat sentimen politik ini, yaitu bahwa jika dinamika perseteruan keduanya ini tidak dijaga ritmenya secara baik, tidak tertutup kemugkinan, hal tersebut dapat berujung kepada ranah hukum.



" jika dinamika sentimen politik ini tidak terjaga ritmenya secara baik, tidak tertutup kemungkinan hal tersebut dapat berujung kepada ranah hukum, dan tentunya hal ini akan sangat berdampak buruk bagi elektoral kedua kandidat".



Kalau kemudian kami ditanyakan terkait jika sentimen ini berujung kepada ranah hukum dan berapa besar dampaknya terhadap elektoral kandidat, maka kami kira hal tersebut mesti dikaji dan disurvey kembali sebab kami tidak mau menduga-duga atau bahkan berasumsi.



Olehnya lanjut Lapalelo, "jika semua yang diwacanakan ini ternyata hanya sekedar info palsu (hoax) maka tentunya hal tersebut tidak akan berdampak bagi elektoral kedua kandidat yang terlibat dalam perseteruan sentimen politik. Sebab hal tersebut baru dapat berdampak kepada elektoral keduanya (Orno Vs Noach) jika kemudian ternyata benar keduanya terbukti bersalah dan menyandang status tersangka" tegas Lapalelo.



Sehingga bagi kami, pasangan calon lainnya janganlah terlalu percaya diri dan terobsesi dengan wacana ranah pidana dari sentimensasi politik kedua kandidat ini (Orno vs Noach), sebab sentimen politik diantara keduanya belum tentu memberi dampak keuntungan bagi para calon yang lain.



" alangkah baiknya para calon yang lain lebih memfokuskan diri dan team untuk ada dalam kerja-kerja elektoral yang nyata dan berdampak, ketimbang memberi perhatian khusus terhdap sentimen politik yang sementara melanda Clan Orno dan Noach,". Tutupnya. (ORA/BN)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama