Close
Close
Orasi Rakyat
Orasi Rakyat

Jelang Natal dan Tahun Baru Pemprov Maluku Gelar Mudik Gratis





Lagu Terbaik Tahun 2021
Maluku, Orasirakyat.com
Menjelang masa liburan dan dalam rangka perayaan Natal dan Tahun Baru, Pemerintah Provinsi Maluku menggelar mudik gratis bagi masyarakat yang akan merayakan Natal tahun 2019.


Kepada awak media Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno mengatakan, sudah menjadi tradisi setiap tahun setiap perayaan hari besar keagamaan masyarakat melakukan perjalanan pulang kampung atau mudik. Karena itu, hal ini harus diantisipasi dengan penyediaan sarana angkutan yang andal dan memadai.



"Memang harus disadari bahwa tugas penyelenggaraan angkutan mudik menjelang hari besar keagamaan sangat berat, namun semua tugas kita tunaikan dengan ikhlas semua akan kita lakukan menjadi amalan yang memiliki nilai ibadah," ujarnya.



Dia menjelaskan, penyelenggaraan angkutan Natal tahun 2019 dan tahun baru 2020 memiliki dimensi sosial yang luas, karena itu pihaknya berpesan agar, saudara-saudara sebagai petugas lapangan dapat memberikan kontribusi yang optimal untuk kelancaran dan pelayanan angkutan baik angkutan laut, darat dan udara.



"Dalam melaksanakan tugas sekiranya saudara tetap mengedepankan kesabaran dan hindarkan diri dari perbuatan Arogan serta perilaku yang tidak terpuji," ujarnya.



Dia meminta, petugas di lapangan agar memberikan pengawasan yang sungguh-sungguh terhadap keselamatan pelayaran serta mengantisipasi agar tidak terjadi masalah pencalonan tiket kenaikan tarif melebihi ketentuan penelantaran penumpang serta mengambil tindakan yang tegas terhadap setiap pelanggaran.



"Satu hal penting bagi para petugas kiranya secara intensif memberikan sosialisasi serta informasi yang memadai kepada masyarakat sehingga masyarakat benar-benar memahami perihal pelayanan angkutan yang mereka perlukan," ungkapnya.



Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Maluku Frans Papilaya menambahkan,bersamaan dengan peringatan mudik tahun 2019 maka, Pemerintah Provinsi Maluku dalam hal ini Dinas Perhubungan Provinsi Maluku akan melaksanakan mudik gratis bagi masyarakat yang akan merayakan Natal dan tahun baru di Maluku.



"Atas dasar itu kami telah menyediakan 7 unit kapal perintis 5 unit kapal penyeberangan 2 unit kapal cepat dan diperkirakan mengangkut penumpang sebanyak 8066 orang," katanya.



Adapun jadwal mudik gratis pada Natal tahun 2019 yang antara lain, mudik gratis dengan menggunakan KM sabuk Nusantara dari pelabuhan Yos Sudarso Ambon.



"KM Sabuk Nusantara menuju Saumlaki, KM Sabuk Nusantara 34 tujuan Tanimbar dan kabupaten Maluku Barat Daya, KM Sabuk Nusantara 106 menuju SB, Tual, Maluku Tenggara dan Maluku tengah. KM Sabuk Nusantara 103 menuju Tual, Malra, Tanimbar dan Maluku Barat Daya, KM Sabuk Nusantara 87 menuju Maluku Tengah dan Maluku Barat Daya, KM sabuk Nusantara 71 menuju wilayah Maluku Barat Daya dan Tual," katanya. (Ora/BN)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama