Close
Close
Orasi Rakyat
Orasi Rakyat
Orasi Rakyat

Dua Nelayan di Buru Belum Ditemukan





Lagu Terbaik Tahun 2021

Namlea, Orasirakyat.com 
Nelayan asal Desa Namsina, Kec.Waplau,Kabupaten Buru, Maluku, Rusli Warhangan (27) dan Arifin Besugi (30) yang hilang di laut Buru sejak tanggal 17 Desember 2019 lalu, masih juga belum ditemukan.

Hal itu diungkapkan Camat Waplau, Halid Tasalisa SPd, Kamis 19/12) seraya menjelaskan kalau pencarian hari kedua dinaikan satu level, yaitu dengan mengerahkan seluruh armada yg ada di kecamatan waplau, basarnas Kab. Buru, basarnas propinsi Maluku, jasa pol air, KPRI yg melintasi Irian menuju Ambon dan Surabaya menuju Irian jaya, dan dipantau Basarnas Pusat.

"Langkah koordinasi terus ditingkatkan dengan semua pihak, baik basarnas kabupaten sampai dengsn basarnas propinsi,  Basarnas kepulauan sula, pihak angkatan laut, TNI dan polri serta kelompok FETRIK juga pihak CLOUSTOR,"beber Camat Waplau..

Diakui camat, kalau dalam tahap pencarian hari pertama belum membuahkan hasil. Dilanjutkan dengan tahap kedua.

"Basarnas sudah berkordinasi dengan kapal Perang  yang melintasi Papua menuju Ambon lewat pimpinan di TNI AL guna membantu pencarian,"ujar Tasalisa.

Sebagaimana diberitakan, Dua Nelayan asal Desa Namsina, Kecamatan Waplau,Kabupaten Buru, Propinsi Maluku, hilang saat sedang melaut di perairan Laut Buru.

Camat Waplau, Halid Tasalisa SPD, mengabarkan dua warga Desa Namsina yang hilang itu bernama Rusli Warhangan (27) dan Arifin Besugi (30).

Dari tadi malam Camat Waplau telah mengabarkan berita nelayan hilang ini di dinding facebooknya, seraya meneruskan Khabar itu kepada seluruh kepala desa se Kecamatan Waplau agar m ngabati warganya yang sedang melaut agar ikut melakukan pencarian.

Jelas Halid Tasalisa, kalau kedua nelayan menggunakan satu longboat dan keduanya ke laut untuk menangkap tuna antara Pulau Sula (Sanana) dan Pulau Obi.

Informasi yang camat terima dari kades Namsina, bahwa kedua warganya itu pergi melaut pada Selasa subuh (17/12), sekitar pukul 04.00 wit.Namun sampai  saat ini mereka belum kembali ke Desa Namsina.

"Mohon bantuan bila ada teman-teman yang punya keluarga nelayan.Mohon bantuan jika ditemukan pada saat melaut sebentar amper siang,"pinta Camat Waplau.

Halid juga memberi catatan khusus agar Para Kepala Desa Sekecamatan Waplau untuk menginformasikan dan menggerakan nelayan untuk ikut mencari.

Halid juga meminta Basarnas Kabupaten Buru untuk turun tangan menemukan kedua warganya itu."Mohon bantuan gerakan tim SAR Kabupaten Buru,"pinta Halid Tasalisa.

Kepala BPBD Kabupaten Buru, Ir H.Hadi Zulkarnaen yang dihubungi wartawan turut membenarkan Khabar nelayan hilang ."Beta sedang bertugas ke Jakarta.Beta sudah dikhabari Tim SAR dibawa komando Basarnas telah melakukan pencarian sejak tadi pagi,"ujar Hadi.

Sementara itu, Rahmat dari Kantor Basarnas Kabupaten Buru menjelaskan, tim telah menuju ke TKP di laut Buru sejak Rabu pagi (18/12) guna mencari kedua nelayan ini

Tim fokus melakukan pencarian antara Pulau Sula membujur menuju Pulau Obi, lokasi yang diduga menjadi tempat kedua nelayan ini selalu menangkap ikan tuna.

"Tim di lapangan masih terus mencari dan sampai siang ini tim SAR belum menemukan mereka," jelas Rahmat.(ORA/04)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama