Close
Close
Orasi Rakyat
Orasi Rakyat

Desa Artafella Dapat Bantuan Jaringan Internet Wi-Fi dari Diskominfo Maluku





Lagu Terbaik Tahun 2021
SBT, Orasirakyat.com 
Bagi kita yang tinggal di kota, akses internet tersedia begitu mudahnya dengan banyak pilihan. Tak hanya adu promo dari berbagai operator, akses internet cepat lewat fiber optic juga banyak tersedia.

Namun masih jauh lebih banyak wilayah di pedesaan yang belum terjangkau akses internet yang memadai. Padahal pemerataan akses internet jadi salah satu kunci kemajuan masyarakat, untuk mendukung beragam kegiatan positif.

Beruntung bagi warga Desa Administratif Artafella Kecamatan Kiandarat Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Provinsi Maluku yang saat ini di berikan kemudahan untuk internetan.

Bendahara Desa Administratif Artafella Abdul Rahman Nabal mewakili Kepala Desa Artafella Hayatudin Sukunwatan dan masyarakat setempat sangat mengapresiasi dan menyambut baik pemberian bantuan Jaringan Wi-Fi yang diberikan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Maluku yang diserahkan secara langsung kepada Sekretaris Desa di Bula, Sabtu (07/12/).

"Kami bersyukur desa kami mendapatkan janringan Wi-Fi atau Program Desa Digital ini, karena memang desa kami susah jaringan, baik internet maupun provider. Alhamdulillah sekarang diberi bantuan jaringan internet Wi-Fi ," ucap Nabal kepada media ini di Bula.

Dengan adanya bantuan Jaringan Internet Wi-Fi , Nabal menyebut, akses internet bisa digunakan untuk keperluan desa yang berhubungan dengan data pemerintah desa ke pemerintahan lebih tinggi, serta memudahkan dalam pengerjaannya maupaun prosesnya. Ia juga berharap, akses internet bisa dinikmati masyarakat luas di wilayah Desa Administratif Artafella.

Camat Kecamatan Kaindarat Stevani Natasya Ambar saat di konfirmasi media ini mengucapkan, terima kasih serta apresiasi serta harapan posifit kepada Pemerintah Daerah (Pemda) baik Kabupaten maupun Provinsi yang berupaya untuk menuntaskan akses jaringan telekomunikasi, khususnya bagi wilayah Kecamatan Kiandarat yang saat ini masih jauh dari jaringan telekomunikasi khusus internet yang merupakan kebutuhan dalam pengiriman data online.

"Dengan adanya jaringan internet ini kami sangat aspirasi Pemerintah Provinsi Maluku dan Kabupaten SBT atas kerja samanya lebih khusus kepada Dinas Kominfo Maluku saya sebagai kepala pemerintahan di Kecamatan Kiandarat serta masyarakat Desa Artafella yang mengharapkan agar jaringan internet dapat diakses dan dinikmati sehingga komunikasi dan kegiatan bisnis masyarakat berjalan lancar," ungkapnya.

Selain itu Ambar juga menuturkan upaya mewujudkan Kabupaten SBT Merdeka Signal di tahun 2020 ini merupakan komitmen Pemerintah SBT dan Pemerintah Provinsi Maluku dalam menjawab aspirasi masyarakat tersebut untuk menikmati jaringan internet.

"Hal ini juga komunikasi intensif dan lobi Pemda SBT dengan Pemda Provinsi Maluku dengan Dinas Kominfo Maluku selaku pihak penyedia infrastruktur telekomunikasi.   Alhamdulillah, komunikasi tersebut membuahkan hasil dengan hadirnya bantuan program wifi/Vsat di Desa Artafella Kecamatan Kiandarat," pungkasnya.

Senada Camat, Baim Abdullah Rumadaul salah satu Pemuda asal Desa Administratif Artafella menyampaikan terima kasih atas bantuan perangkat komunikasi yang diberikan Pemerintah Provinsi Maluku melalui Dinas Kominfo Maluku. Hal ini untuk memenuhi kebutuhan internet di Desa Artafella serta menjawab anak-anak sekolah dalam melakukan tugas mereka.

"Dengan demikian, maka anak sekolah, kantor pemerintah kecamatan dan desa bisa mengakses informasi secara cepat dan terkini secara online,  dan ini sudah kami idamkan sejak lama maka saya sangat apresiasi apa yang diberikan kepada masyarakat disana," tutur Baim Abdullah penuh apresiasi.
Baim sapaan akrabnya berharap, bantuan tersebut dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk kemaslahatan bersama dalam mewujudkan desa yang maju dan bersaing dalam bidang informasi dan komunikasi.

Baim yang juga salah satu Wartawan pada media Online di Maluku ini juga berharap kedepanya pihak desa agae memanfaatkan pemberian yang diberikan. Selain itu, dirinya meminta agar pihak desa juga menjalin kerja sama dengan pihak terkait seperti Dinas Kominfo SBT, Polres SBT dan Perpustakaan Daerah dalam mensosialisasikan kepada pemuda pelajar di desa setempat untuk melakukan sosialisasi dalam penggunaan bermedia sosial dengan baik dan benar.

"Ini harapan beta (saya) sebagai salah satu pemuda di Artafella agar selalu manfaatkan media dengan baik dan benar delain itu juga pihak desa berupaya dengan pihak terkait dalam mensosialisasikan internet yang baik agar jangan terjadi hal negatif yang merusak moral serta peran mereka sebagai pemuda di era globalisasi ini," imbuhnya. (KT/Baim)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama