Close
Close

Tahun 2020 UMK Kota Ambon Mencapai Rp 2,6 Juta





Lagu Terbaik Tahun 2021
Ambon, orasirakyat.com:  Upah Minimum Kota, adalah standart pengupahan yang diberikan kepada para pekerja yang telah menjalankan tugas dan tanggung jawaORya pada perusahan maupun Instansi Pemerintah.

Tahun 2020 UMK Kota Ambon Mencapai Rp 2,6 Juta
Besaran sebuah Upah Minimum, ditentukan oleh hasil rapat Dewan Pengupahan bersama Pemerintah Daerah, baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota, yang memperhatikan peraturan pemerintah tentang standart Kebutuhan Hidup Layak (KHL).

Hasil dari rapat Dewan Pengupahan dan Pemerintah inilah kemudian memperoleh hasil yakni pada tahun 2020 mendatang, Upah Minimum Kota (UMK) Ambon meningkat meningkat menjadi sebesar Rp 2,6 juta.

Demikian diakui oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Ambon G.I.S Soplanit kepada wartawan di Balai Kota Ambon, kemarin. Kenaikan UMK harus lebih tinggi dari Upah Minimum Provinsi (UMP).

Penetapan UMK ini merupakan hasil usulan yang disampaikan ke Gubernur Maluku.

"Kita sementara melakukan rapat bersama Pemerintah Provinsi Maluku, karena itu UMK lebih tinggi dari UMP," katanya.

Dia mengakui, penetapan UMK harus disesuaikan dengan Kebutuhan Hidup Layak (KHL), yang biasanya kenaikannya akan lebih besar dari yang ditetapkan pemerintah pusat.

"Untuk tahun 2019 lalu, UMK Ambon sebesar Rp 2.385 ribu, makanya tahun 2020 akan lebih meningkat," ungkapnya.

 Dia mengakui, pihaknya akan melakukan koordinasi bersama pemerintah Provinsi Maluku untuk melakukan pengawasan terhadap perusahaan yang tidak membayar upah karyawan sesuai dengan UMK.

"Kita akan koordinasi bersama pemerintah Provinsi Maluku agar semua perusahaan dapat memberikan upah karyawan sesuai dengan UMK yang telah ditetapkan," terangnya. (OR-02)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama