Close
Close

SMPN 1 Ambon Libatkan Ratusan Siswa Dalam Program OCDay





Lagu Terbaik Tahun 2021
Ambon, orasirakyat.com: Proses pembelajaran dalam dunia pendidikan semakin hari semakin dituntut untuk mengalami perkembangan.

Berbagai metode pembelajaran pun kini mulai rutin diadakan demi memberikan suasana baru bagi para siswa saatproses belajar mengajar, serta meningkatkan responsibilitas siswa dalam menerima meteri pembelajaran.

SMPN 1 Ambon Libatkan Ratusan Siswa Dalam Program OCDay
Salah saru bentuk dari metode baru yang proses pembelajaran yakni; Out door Class Room Day (Proses pembelajaran diluar ruang kelas).

Dalam mensukseskan program tersebut maka Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Ambon melibatkan ratusan siswanya untuk mengikuti Outdoor Classroom Day atau program belajar di luar kelas yang dilaksanakan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Masyarakat Desa (DP3AMD) Kota Ambon.

OCDay yang dilaksanakan bagi siswa di SMP Negeri 1 Ambon ini, mendapat respons positif serta perhatian serius dari  para guru dan siswa, karena para siswa melakukan program belajar sambil bermain yang berlangsung di luar kelas.

Kepada awak media Kepala DP3AMD Kota Ambon Rulien Purmiasa mengatakan, OCDay merupakan program kampanye global untuk menginspirasi aktivitas belajar dan bermain di luar kelas, yang dilaksanakan dengan kurun waktu minimal 90 menit setiap hari.

"Untuk diketahui sudah ketiga kalinya, Indonesia telah mengadopsi program OCDay, dimana tahun 2018 lalu hanya satu sekolah yang menyelenggaran OCDay, namun atas dorongan pak walikota, sehingga terdapat 87 sekolah yang mengikuti program OCDay," terangnya.

Diakui Purmiasa, program OCDay dimulai sejak adanya pendaftaran online dan komitmen yang dilakukan di 87 sekolah.

"Jadi prosesnya dimulai dari sekolah-sekolah peserta OCDay mendaftar secara online di situs yang telah disiapkan oleh Kementrian Pendidikan sehingga, semua sekolah dapat mengikuti program belajar sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan," terangnya.

Dia menembahakan, OCDay merupakan salah satu bentuk kegiatan dalam memperingati hari anak internasional yang jatuh pada tanggal 20 November setiap tahun.

Karena itu, SMP Negeri  1 Ambon telah melaksanakan program hidup bersih dan sehat (PHBS) diantaranya, para siswa diajarkan mencuci tangan sebelum dan sesuadah makan, makanan sehat berimbang dan bergizi, konsep sekolah ramah anak dan permainan tradisional.

"Apa yang dilakukan kita dalam program OCDay untuk mengalihkan perhatian para siswa terhadap pengaruh internet yang semakin marak, karena itu para siswa diajak untuk mengenal alam lingkungan masing-masing," ungkapnya.

Dia berharap, setiap tanggal 7 November para siswa di seluruh dunia dapat melaksanakan OCDay dalam mengsukseskan hari anak internasional.

"Kita ingin mewujudkan sekolah ramah anak melalui kegiatan OCDay untuk mendukung proses belajar yang lebih menyenangkan, makanya setiap tanggal 7 November para siswa mengikuti OCDay," tandasnya. Dia menambahkan, kedepan SMPN 1 Ambon akan sidorong untuk menjadi uji coba sekolah ramah anak dalam rangka menjadikan Kota Layak Anak.

"Kita akan terus mendorong sekolah SMP Negeri 1 Ambon untuk bisa memenuhi seluruh unsur-unsur dari sekolah ramah anak, kita juga akan terus mendorong anak untuk berperilaku dan menerapkan unsur yang dapat menjadikan sekolah ini sebagai sekolah ramah anak,"ucapnya. (OR-03)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama