Close
Close

Lalo: Semua Tahapan Soal Raja Definitif Passo Dalam Persiapan




Lagu Terbaik Tahun 2021
Ambon, orasirakyat.com: Pemerintahan Adat di Negeri Passo, Kecamatan Baguala, Kota Ambon. Berdasarkan fakta terungkap  bahwa, telah lima tahun lamanya masyarakat adat negeri passo tidak memiliki Raja definitif sehingga akhirnya masyarakat adat Negeri Passo, melaksanakan aksi demo damai yang berlangsung di depan halaman kantor Negeri Passo.
Lalo: Semua Tahapan Soal Raja Definitif Passo Dalam Persiapan


Aksi demo damai  yang dipimpin oleh koordinator lapangan Yerry Saherlawan dalam aspirasi meminta, kepala pemerintahan negeri passo untuk segera memproses Raja definitif sesuai dengan peraturan daerah (Perda) Kota Ambon nomor 8 tahun 2017 di mana, raja harus berasal dari mata rumah perintah dengan syarat-syarat berdasarkan hukum adat, adat istiadat, sejarah asal usul dan memimpin pemerintahan secara turun temurun.

"Jadi kami minta dalam waktu dekat ini, Pemerintah Negeri Passo segera menetapkan Raja definitif," ungkapnya.

Sejak tahun 2015 lalu, Pemerintah Negeri Passo dipimpin oleh tiga penjabat negeri yang ditetapkan oleh walikota Ambon Richard louhenapessy, karena itu keberadaan Raja definitif sangat baik bagi perkembangan Negeri Passo.

Menyikapi hal tersebut, Penjabat Negeri Passo Johanes Lalo, ketika dikonfirmasi mengatakan, aksi damai dari anak adat Negeri passo secara terkait proses peraturan Negeri Passo tentang penetapan raja definitif.

Meskipun kata dia, ada kelemahan dari Pemerintah Negeri Passo dan Saniri Negeri Passo namun, akan diselesaikan diakhir tahun 2019 mendatang tentang penetapan peraturan Negeri tentang mata rumah perintah ada beberapa tahapan yang harus dilaksanakan di antaranya, konsultasi publik, uji publik, penetapan peraturan negeri serta undangan dalam negeri Passo.

"Kami siapkan semua proses sebelum akhir tahun 2019 nanti, agar peraturan negeri untuk proses pemilihan Raja definitif negeri passo," ucapnya.

Hal senada disampaikan Ketua Saniri Negeri Passo Ch Parera menambahkan, pemerintah negeri passo setelah melakukan pembahasan peraturan Negeri tentang mata rumah parentah dimana untuk Negeri Passo telah ditetapkan dua mata rumah parentah yaitu Sari manila dan SIM a umum namun telah terjadi protes sampai saat ini.

"Kami tidak memiliki kepentingan apa-apa dalam proses pencalonan Raja definitif karena kami terus berupaya untuk melakukan koordinasi dengan Pemerintah Negeri maupun Pemkot Ambon," terangnya. (OR-O2)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama