Close
Close

Wali Kota Ambon Lantik Saniri Lengkap Negeri Tawiri





Lagu Terbaik Tahun 2021
Ambon, orasirakyat.com: Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy melantik secara resmi Saniri Negeri Tawiri, Kecamatan Baguala masa bakti 2019-2025.

Dalam pesannya Wali Kota Ambon mengatakan, acara peresmian dan pengambilan sumpah saniri lengkap negeri tawiri, ini adalah bagian penting yang tidak dapat dipisahkan dari pemerintahan serta Masyarakat.

Wali Kota Ambon Lantik Saniri Lengkap Negeri Tawiri
"Dalam sebuah mekanisme pemerintahan baik secara berjenjang sampai pada tingkat negeri atau desa maka ada perangkat-perangkat penyelengara pemerintahan yang terdiri dari raja atau kepala desa maupun atau lurah tingkat kelurahan di tambah denagan badan legislatifnya yang kita sebut dalam struktur msyarakat adat kita yang di sebut saniri," ujarnya.

Saniri yang dilantik sesuai dengan peraturan daerah terdiri dari 9 anggota saniri yang diangkat secara musyawarah. Setelah itu, lanjut dia, akan dipilih oleh anggota saniri siapa yang layak menjadi ketua , wakil dan sekretaris saniri.

"Dulu ketua saniri di pimpin oleh raja, tapi dalam semangat mekanisme kontrol pemerintahan lalu saniri dapat menjadi badan otonom yang berdiri terpisah dari raja dan seluruh perangkat," paparnya.

Dia menjelaskan, saniri dilantik dan diambil sumpah dengan surat keputusan wali kota bukan surat keputusan raja.

Karena dalam kedudukan saniri mempunyai kedudukan yang sama dengan raja.

"Raja tidak bisa memberhentikan saniri begitu juga kebalikannya, karena keduannya memiliki kedudukan yang sama tapi dengan porsi masing-masing, dimana dalam mekanisme perumusan program-program negeri harus memiliki kerja sama," ungkapnya.(OR-02)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama