Close
Close

Pagelaran Seni Antar Sanggar Guna Tingkatkan Kekeluargaan Antar Seniman





Lagu Terbaik Tahun 2021
Ambon, orasirakyat.com: Taman Budaya Gelar Pagelaran Seni Antar Sanggar Se-Kota Ambon Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku melalui Taman Budaya Provinsi Maluku menggelar pagelaran seni antar sanggar se-Kota Ambon dan gelar sastra tahun 2019 yang berlangsung di lokasi Taman Budaya, Sabtu (18/5).

Pagelaran Seni Antar Sanggar
Guna Tingkatkan Kekeluargaan Antar Seniman
 Ketua Panitia Gilbert Lawalatta mengatakan, pagelaran seni yang dilaksanakan untuk menciptakan kekerabatan dan kekeluargaan antara seniman daerah untuk lebih mengenal secara khataman budaya sebagai rumahnya para seniman.

"Sebagai rumahnya para seniman maka pagelaran seni melibatkan 5 sanggar yang menampilkan seni tari seni teater dan seni musik yang dikemas dalam sebuah sistem pertunjukkan dengan bertajuk pagelaran seni antar sanggar sekota Ambon," ungkapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Maluku M Saleh Thio yang diwakili Kepala Taman Budaya Provmal Semy Toisutta mengatakan, seni merupakan unsur kebudayaan yang pada hakekatnya dapat mewujudkan keseimbangan harmonisasi di alam semesta karena seni memiliki nilai estetika yang mampu melahirkan budi pekerti dan perilaku manusia dalam meresap nilai-nilai kebudayaan yang terkandung di dalamnya sehingga mampu menjadikan manusia lebih mengenal dirinya sesama dan lingkungan.

"Seni mampu mengajarkan kita menjadi individu-individu yang bersosialisasi, berinteraksi, berkomunikasi dan memiliki peranan penting sebagai fondasi dalam membentuk jati diri sebuah bangsa sehingga memiliki peran penting sebagai penumpang pembentukan karakter manusia," ujarnya.

Dia menjelaskan, perkembangan seni dan budaya dewasa ini memberikan tantangan bagi para seniman untuk menghasilkan karya sehingga seniman dapat berada dan beradaptasi secara maksimal serta efektif dalam berkesenian. Karena itu, lanjut dia, seniman daerah Maluku dituntut membaca peluang dengan memperkenalkan hasil karya cipta kepada semua orang di panggung pertunjukan.

"Panggung pertunjukan seni di maknai sebagai sebuah ruang ekspresi kejiwaan, ruang ekspresi kreativitas, ruang ekspresi transformasi data nilai, ruang transformasi daya khayal yang mendorong pada kreativitas karya," terangnya.

Tidak dapat dipungkiri bahwa tingkat produktivitas karya seni para seniman daerah masih sangat kurang dalam menjawab permintaan pasar tentang suguhan atraksi kesenian terutama tari-tarian, teater sastra dan musik daerah karena itu pemerintah senantiasa berupaya mendorong peningkatan kreativitas dalam ruang penciptaan maupun peningkatan kualitas seni budaya tradisional daerah.

"Pembinaan dan pengembangan serta konsumen dapat mendorong para seniman daerah dan masyarakat dalam menumbuhkembangkan apresiasi terhadap budaya yang dimiliki serta tanggap terhadap berbagai perkembangan dan persaingan dalam dunia seni budaya bagi tinggal daerah, nasional maupun internasional," ungkapnya.

Dia mengajak, semua masyarakat untuk menyambut gembira kegiatan pagelaran seni budaya sebagai wadah pengembangan kreativitas dan potensi para seniman daerah agar terus berkembang dan mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional.

"Ini merupakan bukti konsistensi pemerintah daerah dalam upaya mengangkat nilai-nilai kesenian ke permukaan untuk mampu menciptakan jati diri orang Maluku," tandasnya. (OR-02)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama