Close
Close

Habibie: Soal Presiden Terpilih, Kita Tunggu Keputusan KPU




Lagu Terbaik Tahun 2021
Habibie: Soal Presiden Terpilih Kita Tunggu Keputusan KPU
Jakarta, orasirakyat.com: Mantan Presiden Ke-3 Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie atau yang akrab disapa Habibie, meminta semua pihak menunggu keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mengetahui Presiden dan Wakil Presiden terpilih hasil Pemilu 2019.

Hal tersebut disampaikannya pada acara buka bersama Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), Jakarta, Kamis (9/5).

Habibie mengungkapkan, dirinya seringkali dihubungi oleh pihak luar negeri dan bahwa pihak luar kerap bertanya pada dirinya tentang pemenang Pilpres 2019.

"Saya kemarin terima duta besar dari United Arab Emirates, pertanyaan pertama adalah, Pak, siapa yang menang, nomor 1 atau nomor 2," kata Habibie.

Dirinya menyesalkan bahwa, banyak pihak yang kebingungan ketika dimintai jawaban terkait pemenang Pilpres 2019, akibat adanya saling klaim bahwa pasangan calon presiden dan calon wakil presiden tertentu telah memenangi Pilpres 2019.

Ia mengkhawatirkan bahwa pihak yang kalah nantinya akan melakukan perlawanan dengan cara yang tidak sesuai dengan peraturan hukum yang berlaku.

"Itu nanti kau yang kalah, tidak terima, terus dia berontak," ujarnya.

Habibie memintakan agar semua pihak mengikuti mekanisme yang berlaku jika merasa dirugikan dalam pelaksanaan Pemilu 2019.

Ia menegaskan bahwa, mekanisme penyelesaian sengketa pemilu tersebut sudah ditetapkan dalam Undang-undang dan bagi pihak-pihak yang tidak puas dengan aturan tersebut dapat mengajukan usulan perubahan Undang-undang sesuai dengan prosedur yang berlaku.

"Kita kan ada mekanismenya, kalau Anda mau mengubah mekanismenya silakan ubah, tapi ada peraturannya cara mengubah," tandas Habibie. (ORJ-07)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama