Close
Close
close
Orasi Rakyat
Orasi Rakyat

Pemkot Ambon Laksanakan Aksi Peduli Sampah Plastik Di Hutan Mangrove

Pemkot Ambon
Laksanakan Aksi Peduli Sampah Plastik Di Hutan Mangrove
Ambon, orasirakyat.com: Memperingati Hari lingkungan hidup yang jatuh yanggal 5 Juni 2018, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melaksanakan aksi bersih sampah dan penanaman mamgrove di depan PLTD Poka, Selasa (5/6).

Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy mengajak masyarakat untuk peduli dengan masalah sampah plastik, serta memiliki rasa peduli kepada kelestarian tanaman mangrove.

"Indonesia dihadapkan pada permasalahan dampak dari peningkatan aktivitas dan kebutuhan manusia berupa penumpukan sampah plastik, yang hingga kini perlu dilakukan tindak lanjut pengelolaan yang cepat, tepat, dan ramah lingkungan," ujarnya saat membacakan sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.

Dia mengatakan, peringati Hari Lingkungan Hidup tahun 2018 mengangkat tema 'Kendalikan Sampah Plastik', sebagai perwujudan komitmen bersama seluruh pihak dalam upaya mengatasi bahaya sampah plastik di berbagai belahan dunia, juga di Indonesia.

"Tema ini mengandung arti motivasi kerja sekuat tenaga untuk atasi sampah yang sistematis dalam mengurangi sampah, mengolah sampah, dan melakukan pengelolaan sampah berkelanjutan melalui kegiatan daur ulang,"paparnya.

Dia menjelaskan, total timbulan sampah plastik, yang telah dilakukan daur ulang diperkirakan baru 10 hingga 15 persen, selain itu 60 hingga 70 persen yang ditimbun di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sememtara 10 hingga 15 persen yang belum dikelola dan terbuang ke lingkungan, terutama ke lingkungan perairan seperti sungai, danau, pantai, dan laut," paparnya.

Dia menuturkan, dalam waktu dekat, pemerintah akan mengeluarkan dua regulasi terkait pengelolaan sampah plastik yaitu pengurangan kantong belanja plastik di sektor ritel meliputi toko modern, pusat perbelanjaan dan pasar rakyat dan peta jalan.

"Pengurangan sampah oleh produsen yang meliputi pelaku usaha manufaktur pemegang merk, pelaku usaha ritel, pusat perbelanjaan, pasar rakyat, dan pelaku usaha jasa makanan dan minuman serta rencana aksi terpadu penanganan sampah plastik di laut," akuinya. (OR-O2)
Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Post a Comment

Previous Post Next Post