Close
Close
Orasi Rakyat
Orasi Rakyat
Orasi Rakyat

Hebat sukses manfaatkan Momentum Debat Kandidat Sesion I





Lagu Terbaik Tahun 2021
Debat Kandidat
Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku 2018
Ambon, orasirakyat.com: Debat kandidat Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku, senin (7/5) yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku pada gedung Bailelo Siwalima Karang panjang Ambon berjalan dengan lancar dan Aman.

Hasil dari proses debat kandidat tersebut tentunya memberikan beragam pandangan dan opini serta pesan politis yang menyeruak dimasyarakat.

Direktur Wilayah Timur Lembaga Survey Parameter Research dan Consultant, Edison Lapalello kepada media ini di Ambon pada senin (7/5) menyatakan Bahwa pasangan hebat mendapat nilai lebih dari debat kandidat sesion I ini.

Hal ini menurutnya, dikarenakan oleh beberapa faktor utama yang dimiliki dan dilakukan oleh pasangan calon (Paslon) Hebat.

"Dari pengamatan kami, bahwa ada tiga hal yang menjadi kredit point bagi pasangan Hebat diantaranya; yang pertama, dalam menyampaikan visi-misinya, pasangan Hebat terlihat sangat terstruktur, yang kedua, pasangan Hebat mampu menunjukan kepada publik, bahwa kemistri antara keduanya sangat baik dan harmonis, dan yang ketiga adalah Pasangan Hebat mampu menyampaikan pesan politiknya kepada seluruh komponen masyarakat, bahwa inilah kami pasangan Hebat dengan segala yang kami miliki" Jelas Lapalelo.

Lebih lanjut dikatakannya, atas dasar tersebut, dengan tidak mengurangi rasa hormat kami, dan objektofitas kami kepada pasangan lain, kami menganggap bahwa kedua pasangan lain kedepannya, mesti lebih dapat memberi pesan kepada semua komponen masyarakat tentang siapa mereka dan apa yang mampu mereka lakukan kepada masyarakat Maluku pada lima tahun mendatang.

Dari segi materi, lanjutnya, kami menilai hasilnya berimbang antara ketiga pasangan calon. selain itu kami pun harus mengucapkan selamat bagi KPU Maluku, sebab KPU telah mampu melaksanakan kegiatan debat kandidat yang baik dan berlangsung dengan aman serta tertib.

"Apresiasi yang sama juga kami berikan kepada para pendukung ketiga paslon yang sangat tertib dan mampu menjaga harmoni sepanjang proses debat kandidat berlangsung".

Lapalelo menegaskan, yang pastinya, debat kandidat sesion I ini telah memberi pesan kepada masrakyat inilah gaya dan model dari calon Gubernur Maluku lima tahun mendatang.

"Kalau soal elektoral, apakah ada dampak, tentunya berdampak, soal rasio atau presentasi dampaknya, hal itu bergantung pada bagaimana cara kerja paslon dengan tim dalam menerjemahkan pesan paslon yang telah disampaikan dalam debat tersbut".

Selain itu adanya keterbatasan waktu yang diberikan bagi para paslon, menyebabkan sehingga banyak sekali materi atau muatan konsep yang baik tidak dapat disampaikan kepada publik.

" akibat dari keterbtasan waktu, banyak materi dan konsep yang tidak sempat tersampaikan kepada masyarakat akan tetapi saya meyakini publik memahami hal itu, sehingga kedepannya tinggal bagaimana tim dan paslon memanfaatkan waktu yang ada untuk dapat menjelaskan apa yang belum sempat disampaikan dalam debat tadi,".(OR-07)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama